Jurus Sehat Rasulullah (JSR)

Nama dr Zaidul Akbar mungkin tidak asing bagi pengguna aktif media sosial. Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK UNDIP) ini populer dengan Jurus Sehat Rasulullah (JSR), yang intinya ada pada penerapan pola hidup sehat.

“Bagi yang sering mendengar atau membaca mungkin tahu tentang thibbun nabawi. Nah, JSR ini adalah thibbun nabawi yang namanya diganti supaya tidak terlalu umum. Bahasanya juga diganti dengan yang sedikit bergaya millenial. Intinya adalah menjadikan agama sebagai tuntutan kesehatan dan kehidupan,” kata dr Zaidul ditemui di kawasan Jatiasih, Kota Bekasi.

Baca juga: Gaya Hidup Sehat dr Zaidul Akbar Biar Perut Enggak Buncit

Menurut dr Zaidul, penerapan JSR tidak sulit dan murah alias low budget. Siapa saja bisa menerapkan JSR selama memang berkomitmen hidup sehat untuk memperbaiki ketaatannya pada Tuhan Yang Maha Esa. Berikut 3 poin utama JSR.

1. Halal dan thayyib

Menurut dr Zaidul, prinsip halal sebetulnya tidak cukup untuk memilih makanan yang sebaiknya dikonsumsi. Prinsip thayyib atau tidak berdampak buruk pada badan juga harus diterapkan sebelum mengkonsumsi hidangan. Prinsip lainnya adalah tidak berlebihan alias secukupnya yang standarnya berbeda pada tiap orang.

“Thayyib adalah tidak zalim pada badan. Mie instan dan fast food halal tapi nggak thayyib karena bikin masalah. Terkait porsi makan, saya mengembalikannya pada aturan yang ada yaitu 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk air, dan 1/3 untuk udara,” kata dr Zaidul

Selain itu, coba kembalikan ke hati masing-masing apakah porsi makannya cukup atau berlebih karena tidak ada bejana yang lebih buruk daripada perut manusia,” lanjutnya.

2. Menggunakan yang ada di sekitar

Penerapan JSR lekat dengan sayur, buah, berbagai jenis rimpang, madu, dan kurma. Dalam akun medsosnya, dr Zaidul juga kerap mengunggah berbagai resep makanan dan minuman untuk memperbaiki kesehatan tubuh. Menurut dr Zaidul, resep tersebut sebetulnya tidak kaku atau bisa dibuat dengan berbagai bahan yang ada di lingkungan sekitar.

“Bisa bikin sendiri asal tahu konsep dasarnya, yaitu stop dulu segala asupan yang bikin sakit. Selanjutnya bisa belajar berbagai jenis biji-bijian, rimpang, dan bahan lain yang punya beragam vitamin dan mineral. Herbal ini belum banyak diketahui manfaat dengan pasti, tapi yakin Allah SWT nggak mungkin meracuni kita,” kata dr Zaidul.

3. Sehat untuk ibadah

Terkait porsi yang tidak berlebihan, dr Zaidul mengingatkan makan tidak hanya dilakukan supaya kenyang. Makan sebagai bagian dari pola hidup sehat dilakukan untuk memperbaiki ibadah dan ketaatan. Dengan keyakinan dan pola pikir tersebut, tubuh otomatis melakukan segala hal yang baik dan menolak semua yang berdampak buruk.

“Kenapa sekarang banyak orang gemuk? Karena makan berdasarkan nafsu. Padahal bagaimana bisa merasakan sensasi ibadah jika terlalu banyak makan, yang ada rasanya malas dan ngantuk. Belum lagi masalah kolesterol, diabetes, dan gangguan lain karena makan berdasarkan keinginan. Makan bukan untuk kenyang tapi supaya bisa beribadah dengan baik,” kata dr Zaidul.

Jurus sehat Rasulullah ini perlu kita contoh. Sebab seumur hidup Nabi Muhammad SAW hanya pernah mengalami dua kali sakit. Pertama, ketika diracun oleh seorang wanita Yahudi, yang kala itu menghidangkan makanan kepada Rasulullah SAW di Madinah. Kedua, beliau sakit menjelang wafat.

Sudah semestinya kita menjaga kesehatan. Musabab sehat adalah nikmat Allah SWT yang harus dijaga. Berikut ini jurus sehat ala Rasullullah SAW yang dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan?

1. Tidak Begadang

Rasulullah tidak menganjurkan umatnya untuk begadang. Hal itulah yang melatarbelakangi beliau tidak berbincang-bincang setelah waktu isya.

Rata-rata dalam kesehariannya, beliau sudah tidur kira-kira sebelum pukul 21.30. Kemudian sekitar pukul 03.00 beliau sudah terbangun untuk melakukan sholat malam.

2. Sering Berpuasa

Diketahui dalam sebuah hadis, Rasulullah sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Selain sebagai ibadah bagi orang mukmin, puasa juga ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Bahkan beberapa penyakit berbahaya seperti serangan jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker dapat disembuhkan.

3. Tidak Marah

Jurus sehat ala Rasullulah kali ini adalah sabar alias tak gampang marah. Rasulullah pernah menasihati sahabatnya sebanyak tiga kali yang berbunyi sama yaitu, “jangan marah”. Nasihat ini menunjukkan bahwa hakikat kekuatan manusia bukan terletak pada jasad, melainkan kebersihan jiwa. Selain itu, tidak mudah marah juga terbukti menjaga kesehatan tubuh.

4. Menjaga Kebersihan

Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda bahwa, kebersihan adalah sebagian dari iman. Pribadi Rasulullah yang terkenal bersih dan rapih. Setiap hari Kamis atau Jumat, beliau secara rutin mencukur rambut halus di pipi, memotong kuku, serta memakai minyak wangi.

Rasulullah juga sangat menjaga kebersihan mulut dan gigi melalui bersiwak, cara hidup Rasulullah sehari hari tersebut, atau disebut sunnah beliau yang sampai saat ini masih diikuti umatnya.

Baca juga: Olahraga Simpel di Pagi Hari untuk Cegah Serangan Jantung

5. Menjaga Pola Makan

Jurus sehat ala Rasulullah berikutnya adalah di pagi hari suka mengonsumsi segelas air dingin yang dicampur dengan madu asli. Kemudian memasuki waktu dhuha (pagi menjelang siang), beliau mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa.

Dalam dunia kesehatan, madu dan kurma memiliki banyak manfaat bagi sistem pencernaan, termasuk salah satunya menetralisir racun. Manfaat ini sudah terbukti ketika Rasulullah SAW diracuni oleh seorang wanita Yahudi di Madinah.

Selain itu, Rasulullah Saw. sering mengonsumsi minyak zaitun pada waktu siang menjelang sore. Sesungguhnya zaitun itu adalah pohon yang diberkahi. Sedangkan di malam hari Beliau mengonsumsi sayuran-sayuran segar kaya nutrisi.

Secara umum, sayuran memiliki kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Setelah makan malam Rosul tidak langsung tidur. Beliau melakukan aktivitas seperti sholat agar makanan bisa tercerna secara optimal.

6. Berolahraga

Dalam sebuah riwayat, diketahui bahwa Rasulullah pun hobi berolahraga seperti berkuda, memanah, dan berenang. Hal itu menunjukan bahwa tubuh Beliau tidak hanya sehat, tapi juga kuat. Beliau juga pernah lomba lari, gulat, bahkan memanah.

7. Bersilaturahim

Jurus sehat ala Rasulullah juga dilakukan dengan menjalin silaturahmi. Rasulullah adalah pribadi yang suka bersilaturahim dengan para sahabat dan tetangganya. Bersosialisasi adalah salah satu tips menjaga kesehatan yang patut kita tiru saat ini.

8. Berbekam

Said bin Jubir berkata dari Ibn Abbas r.a bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

Kesembuhan dapat diperoleh melalui tiga cara: pertama dengan meminum madu (obat herbal), dengan berbekam/hijamah, dan terapi besi panas. Dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pengobatan dengan besi panas (HR. Bukhori).

Yuk simak beberapa resep Jurus Sehat Rasulullah ala dr. Zaidul Akbar yang dapat mengobati berbagai macam penyakit :

1. Air Nabeez

kismis-dan-kurma-89857ed3faf6a7c4e35a8230549385dd-5d2343b10d82301a9476a002.jpg

kismis-dan-kurma-89857ed3faf6a7c4e35a8230549385dd-5d2343b10d82301a9476a002.jpg Air nabeez adalah air rendaman (infused water) kurma atau kismis. Kurma atau kismis yang dimasukkan ke dalam wadah tertutup yang sudah berisi air masak, dan direndam semalaman untuk diminum keesokan paginya.

Air nabeez ini merupakan minuman kesukaan Rasulullah SAW lho. Biasanya, beliau merendam kurma atau kismis di dalam wadah tertutup selama 12 jam. Kemudian, airnya diminum dan buah kurma yang sudah lembut langsung ditelan tanpa mengunyah terlebih dahulu.

Pada dasarnya, air nabeez ini sama seperti infused water kekinian. Bedanya, bahan yang diambil sarinya bukan buah-buahan segar seperti strawbery atau lemon melainkan kurma.

Bahan – bahannya :

  • Ambil beberapa butir kurma atau kismis, sebaiknya dalam jumlah ganjil
  • Siapkan wadah atau gelas tertutup
  • Siapkan juga air putih matang

Cara pembuatan air nabeez cukup mudah, berikut langkah pembuatannya:

  • Tuangkan air matang ke dalam wadah
  • Masukkan kurma yang sudah dibuang bijinya, dan carik-carik isi kurma
  • Tutup wadah yang sudah dimasukkan kurma
  • Diamkan selama 8-12 jam
  • Air nabeez siap dinikmati

2. Jahe

is-5d234448097f36521a0eb933.jpg

is-5d234448097f36521a0eb933.jpg Selain bermanfaat untuk mengobati lambung, jahe juga bermanfaat sebagai anti peradangan dan juga antioksidan yang kuat. Kandungan gingerola pada jahe diketahui sebagai obat sakit kepala, jahe juga akan mengurangi peradangan pada pembuluh darah di kepala.

Cara Membuat :

Sediakan seruas jari jahe yang sudah digeprek dan dipotong kecil, kemudian masukkan kedalam gelas kaca, jangan gelas plastik.

Seduh dengan air mendidih, setelah air didalam gelas hangat, tambahkan madu. Siap untuk diminum deh.

3. Kayu Manis

ky-5d234484097f3669391736d2.jpg

ky-5d234484097f3669391736d2.jpg Kayu manis kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi jantung, mengatasi peradangan, melawan diabetes, dan menurunkan resiko kanker. Kayu manis juga dapat melawan infeksi , virus, dan menyegarkan napas secara alami.

Cara membuat :

  • Kayu manis batangan

Masukkan kayu manis batangan kedalam gelas kaca, jangan gelas plastik yaa gengs..

Seduh dengan air panas / mendidih. Nanti air akan berubah menjadi kemerah — merahan gitu deh ..

Setelah air berubah warna dan hangat, tambahkan madu secukupnya. Siap diminum dehh.

  • Kayu manis bubuk

Masukkan kayu manis bubuk kedalam kaca lalu tambahkan air hingga mengental, airnya jangan banyak — banyak yaa. Letakkan atau oleskan di dahi saat berbaring dan biatkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat.

Atau seduh kayu manis bubuk dengan air panas. Setelah air menjadi hangat dan berubah warna, saring airnya kemudian tambahkan madu secukupnya. Minum selagi hangat.

4. Cengkeh

cengkeh-5d23447e0d82304ccf7f1252.jpg

cengkeh-5d23447e0d82304ccf7f1252.jpg Cengkeh bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, melawan kanker, melindungi hati, meningkatkan system kekebalan tubuh, dan mengendalikan diabetes.

Cara membuat :

Rebus cengkeh dengan air. Setelah mendidih, angkat kemudian masukkan air rebusan tadi kedalam gelas kaca. Setelah airnya hangat, tambahkan madu secukupnya dan dapat diminum selagi hangat.

5. Kemangi

d-5d2344ca097f3602dc6613b2.jpg

d-5d2344ca097f3602dc6613b2.jpg Bukan hanya sebagai lalapan, daun kemangi juga memiliki manfaat sebagai analgesik. Minyak dari daun kemangi ini dapat menjadi pelemas otot dan membantu mengobati sakit kepala yang disebabkan oleh otot yang tegang.

Cara membuat :

Tambahkan 4 helai ( atau sesuai selera ajadeh ) daun kemangi kedalam secangkir air lalu rebus hingga mendidih. Tuangkan air rebusan tadi kedalam gelas kaca, setelah airnya hangat tambahkan madu secukupnya. Minuum deh.

6. Jahe, daun pandan, dan madu

Resep JSR ini ultimate , artinya bias dipakai dalam keadaan sehat, ga hrus sakit dulu baru minum resep ini.

Cara membuat :

Sediakan satu potong jahe berukuran sedang yang sudah digeprek dan irisan tiga helai daun pandan berukuran kecil, kemudian diseduh pakai air mendidih setelah airnya menjadi hangat tambahkan madu secukupnya.

Ingat ! Madunya dicampur setelah airnya dalam keadaan hangat yaa, bukan dalam keadaan panas menggelegar.

Apa sih efek minum Resep Jurus Sehat Rasulullah ini ?

  • Maag anda akan kabur
  • Mual — mual akan hilang
  • Lambung anda akan bahagia luar biasa
  • Campuran jahe dan daun pandan ini akan membuat anda yang insomnia menjadi mudah tidur
  • Jantung anda akan tenang dan bahagia
  • Pencernaan anda akan super happy, insyaa Allah

Dari semua resep diatas pasti menggunakan madu, karena madu adalah bahan wajib bagi para pelaku Jurus Sehat Rasulullah. Dan masih banyak lagi resep JSR lainnya yang bisa anda intip di akun instagram dr. Zaidul Akbar  (@zaidulakbar) , semoga masyarakat indonesia khususnya bisa jauh lebih sehat dengan apa yang sudah Allah tumbuhkan di sini, khususnya tanaman tumbuhan obat atau herbal dan semoga resep — resepnya bermanfaat untuk kita semua, aamiin allahumma aamiin.  

Http:detik.com

Http:kompasiana.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *