Kelenjar Pituary

KOMPAS.com – Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperlambat proses penuaan pada tubuh. Belakangan muncul beragam laporan riset tentang potensi pemberian hormon pertumbuhan manusia (HGH) sintetik sebagai salah satu cara mencegah penuaan. Namun benarkah hal itu efektif? Sains akan mengujinya.

Hormon pertumbuhan atau growth hormone diproduksi secara alami oleh kelenjar pituary (hipofisis) – struktur kecil di dasar otak – yang berperan penting dalam membantu pertumbuhan dan menjaga vitalitas jaringan serta organ. Namun, seiring bertambahnya usia, kelenjar hipofisis cenderung menghasilkan lebih sedikit hormon pertumbuhan – sehingga menyebabkan degenerasi.

Menurut para ahli dari Mayo Clinic Amerika Serikat, ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa pemberian hormon pertumbuhan manusia (HGH) sintetis dapat memperlambat atau menghentikan proses penuaan, atau membantu mengembalikan vitalitas.

Meski begitu, pemberian hormon ini juga memiliki risiko efek samping, mulai dari masalah kecil seperti carpal tunnel sindrom dan nyeri sendi. Sedangkan untuk efek samping yang lebih serius dapat menyebabkan diabetes dan penyakit jantung.

Namun Anda tidak perlu khawatir.  Ada cara yang lebih aman dan tanpa efek samping untuk meningkatkan hormon pertumbuhan Anda. Berikut tipnya seperti dikutip dari majalah Life Extension berikut ini :

1. Menyingkirkan lemak perut dapat membantu membalikkan penurunan produksi HGH (human growth hormone). Penelitian juga menemukan, dengan melakukan aktivitas fisik dan tetap aktif dapat mengoptimalkan tingkat HGH dalam tubuh seseorang.

2. Pastikan ketahui apa yang Anda makan.
Life Extension menuliskan bahwa seseorang harus menjauhi konsumsi karbohidrat yang tinggi indeks glikemiknya, di mana telah terbukti dapat menghambat sekresi HGH. Sebaliknya, mengonsumsi makanan ringan yang tinggi protein dan rendah karbohidrat sebelum tidur yang tinggi protein dan rendah karbohidrat akan dapat membantu dalam produksi HGH.

3. Cukup waktu istirahat. Sebagaian besar produksi hormon pertumbuhan (HGH) umumnya terjadi selama tidur. Pola tidur yang buruk dapat memberikan kontribusi dalam penurunan produksi HGH yang lebih rendah dalam tubuh.

LEBIH DARI 28.000 STUDI KLINIKAL DI SELURUH DUNIA TELAH MEMBUKTIKAN MANFAAT HGH (Human Growth Hormonne):
– Anti penuaan
– Meningkatkan tenaga dan fungsi otak
– Membangun otot
– Meningkatkan fungsi seksual
– Mencegah disfungsi ereksi (impotensi)
– Mengurangi lemak dalam tubuh dan mengencangkan otot -otot
– Meningkatkan elastisitas dan kulit yang kusam
– Mencegah osteoporosis
– Meningkatkan kepadatan tulang
– Menguatkan fungsi jantung
– Meningkatkan fungsi paru -paru
– Menekan kadar kolesterol
– Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

BAGAIMANA MENINGKATKAN JUMLAH HGH DI DALAM TUBUH?
– Menyuntik (atau minum obat) HGH sintetis
– Mengkonsumsi makanan tambahan yang dapat merangsang produksi HGH yaitu Asam Amino.

Berdasarkan penelitian medis dalam buku Grow Young With HGH – Dr. Ronald Klatz mengatakan bahwa Asam Amino yang terpenting adalah L-Arginine, L-Omithine, L-Glutamine, dan L-Lysine.

Asam Lambung (GERD)

APA ITU “GERD” (gastroesofagal refluks) ..?
Mengungkap kasus dokter Ryan Thamrin yg meninggal mendadak akibat GERD.

🌺Setelah dr. Ryan Thamrin meninggal dunia, kita diharuskan melek informasi ttg apa itu asam lambung, atau GERD. Penyakit yg telah merenggut nyawa seorang dokter favorit ibu2.
Yuk belajar yuk. Setidaknya baca dulu apa artinya. Dan lbh aware sama badan kita. Enjoy your life, nikmati hidup dan bersyukur banyak-banyak…

AKIBAT GERD

Mau tahu akibat dari GERD? Jika asam lambung itu naik ke daerah dada, maka kelak di seputar dada akan terasa panas seperti terbakar. Jika ia naik mengenai area jantung, maka ritme detak jantung bisa terganggu sehingga jantung bisa berdebar-debar kencang sehingga debarannya seperti lonceng yang rasanya seperti mau copot saja.

Jika asam lambung itu naik ke area paru-paru, maka akan mengganggu fungsi paru-paru sehingga kita akan menjadi sering sesak nafas.

Jika asam lambung itu naik ke bagian THT (Tenggorokan, Hidung dan Telinga), maka tenggorokan akan sering terjadi radang, tenggorokan akan sulit menelan. Jika tenggorokan terjadi infeksi, dan kemudian menyempit, inilah yang membuat penderita akan merasakan bila tidur seperti dicekik orang, dan tenggorokan senantiasa terasa ada yang mengganjal.

Lalu apa yang terjadi pada hidung jika sering terkena asam lambung yang naik? Hidung bisa mengalami sinusitis. Gejalanya seperti flu yang tak sembuh-sembuh sepanjang tahun. Bayangkan. Flu satu hari saja rasanya tak enak banget, bagaimana jika itu terjadi dalam sehari-hari selama sepanjang tahun?

Lalu bagaimana pula jika asam lambung merembes ke bagian telinga? Orang yang terkena maag kronis, yang kemudian berkembang menjadi GERD, sering kemudian pendengaran menjadi berkurang, bahkan bisa kehilangan pendengarannya sama sekali. Sangat memprihatinkan, bukan ?

Bukan hanya Tenggorokan, Hidung dan Telinga saja yang kemudian bisa terganggu. Namun, mata pun bisa terkena dampak dari naiknya asam lambung ke mana-mana. Penglihatan orang sakit maag dan GERD sering menjadi terganggu karena syaraf-syaraf mata terganggu oleh asam lambung yang merembes ke mata. Sehingga menjadi kabur penglihatannya.

Bukan itu saja penderitaan maag kronis dan GERD. Karena jika banyak organ menjadi terganggu fungsinya oleh naiknya asam lambung, maka penderitaan yang mereka alami sungguh sangat memprihatinkan. Kecuali lambung rasanya seperti disayat-sayat pisau, maka mereka juga akan sesak nafas, dan jantung berdebar.

Berkaca kasus Dr. Ryan Thamrin/Dr. Oz

KESALAHAN2 PENDERITA MAAG

Sakit Maag is a Silent Killer.

Si Pembunuh diam2 dan Pencabut nyawa yg kita anggap enteng.

Saya juga mempunyai Sakit Maag karena golongan darah sy O yg tingkat keasamannya tinggi. Penderita sakit maag terbanyak adalah golongan darah O. Golongan darah O umumnya tidak direkomendasikan untuk menjadi Vegetarian.

Salah satu kesalahan terbesar para penderita Maag adalah :

LANGSUNG MINUM_OBAT_MAAG

Minum obat maagh spy bisa makan ❌
PADAHAL yg penting, jangan makan dlu spy lambung bs isitrahat.

Ambil sejumput garam, isap perlahan. Dlm hitungan menit, lambing akan nyaman jrn asam ternetralisir oleh sifat basa pd garam.

#

Kesalahan berikutnya adalah :

TIDAK PAHAM

Banyak penderita Maag berpikir bahwa mereka tidak ingin tergantung pada obat. Mereka pikir Asam dlm lambung akan hilang saat diberi makanan atau minuman manis, atau akan hilang dgn berlalunya waktu, dsb. Itu pemikiran yg keliru.

Asam lambung bersifat KOROSIF yg membantu proses cerna. Tapi sangat merusak jjika berlebihan.

SEGERA netralisir asam dg menghisap gara, lalu bikin larutan garam yg hangat + tetesan lemon/jeruk.nipis. Lemon rasa asem, tp sifatnya basa. Rasa asem ditekan dg asinnya garam.

#

Kesalahan ketiga, adalah :

TIDAK_SADAR_PENYEBABNYA

Banyak penderita Maag berpikir bahwa sakit Maag itu dsebabkan karena TELAT MAKAN, MINUM KOPI, MAKAN ASAM, PEDAS, BERAS KETAN, atau BERSANTAN, dsb. Bukan!!! Penyebab utamanya bukan itu. Telat makan, Kopi, asam & pedas, ketan & santan, dsb itu hanya penyebab sekunder. Penyebab utama sakit maag yang paling banyak adalah justru :

STRESS dan #KURANG_GERAK

STRESS menduduki tempat paling utama penyebab tukak lambung. Konsentrasi asam lambung meningkat bbrp kali lipat jauh lebih tinggi justru saat Stress dibanding saat telat makan.

Kurangnya gerak tubuh membuat gerak peristaltic pada usus dan lambung melemah sehingga asam lambung tidak terproses dgn baik dan menumpuk. Misalnya abis makan langsung tidur2an, akan membuat usus tidak mencerna dgn baik, akibatnya bisa memicu asam lambung keluar lebih banyak karena lambung “berpikir” bahwa makanan tsb kurang terlumat dgn baik pada proses2 cerna sebelumnya.

Gerakan2 dalam sholat harus dilakukan tuma’ninah. Memperlama sujud akan memberi kesempatan isi lambung dan usus jd bergerak dan lebih cepat tercampur rata dg enzim2 dlm lambung dan usus.

Untuk mencegah maag kambuh, Anda perlu menghindari faktor pencetus seperti di atas dan sebaiknya makan dalam porsi kecil namun lebih sering.

Bila keluhan maag Anda disertai rasa terbakar dari ulu hati menjalar hingga leher dan pangkal lidah, disertai mulut terasa pahit, gigi mudah berlubang, bau mulut, maka kemungkinan Anda mengalami GERD (gastroesofagal refluks) yaitu bentuk maag yang lebih berat karena terjadi aliran balik asam lambung dan menyebabkan iritasi sepanjang saluran pencernaan atas.

#

Kesalahan yg lain adalah :

KONSUMSI_YANG_KELIRU

Banyak mereka yg sakit Maag mengira bahwa konsumsi sayur dan buah bisa membantu mengurangi gejala sakit maag. SALAH BESAR!!! Konsumsi daging yg lebih banyak justru sangat membantu penderita sakit Maag karena daging lebih lama proses cernanya daripada sayur atau buah sehingga asam lambung bekerja maximal menghancurkan daging yg anda makan, bukan menghancurkan tubuh anda.

#

Kesalahan lainnya yg kurang diperhatikan adalah :

SAKIT_MAAG_KARENA_BAKTERI_HELICOBACTERPYLORI

Ada salah satu penyebab sakit Maag yg disebabkan karena serangan bakteri, jika parah hal ini perlu penanganan medis khusus.

Kalo gak percaya, anda coba test sendiri, tidak usah sikat gigi sebelum tidur, maka besoknya jika sakit maag anda kambuh maka kemungkinan sakit maag anda disebabkan oleh bakteri Helicobacterpylori yg sebenarnya bakteri yg penting juga utk proses cerna & umumnya bersarang di mulut, tapi jika berlebih karena tidak sikat gigi & kemudian tertelan hingga ke lambung, akan menyebabkan tukak lambung.

Kalo yg jenis ini, obatnya gampang. Rajin2ah Sikat gigi sebelum tidur, bangun tidur & setelah makan.

#

Biasanya sesekali tetap akan muncul tukak lambung tsb. Yang penting adlh menjaganya utk tidak berlebih dan menyebabkan sakit & komplikasi yg lebih parah.

Asam lambung itu normal & penting bagi proses cerna dlm tubuh. Tapi jika berlebih & tidak dikelola dgn baik bisa melumpuh
Share gak perlu izin kok…

Dr imam Susilo

PENTING NIH HARAP DIBACA TELITI UTK YG SAKIT MAAG

Program Hamil JSR ala dr. Zaidul Akbar

Setiap pasangan yang sudah menikah, pasti menginginkan kehadiran anak untuk melengkapi kehidupan mereka.

Jika cara medis dengan mengonsumsi obat-obatan sudah dilakukan namun belum juga dikaruniai anak, maka tak ada salahnya jika kamu mencoba cara herbal yang satu ini.

Ya, JSR atau Jurus Sehat Rasulullah menjadi salah satu cara yang sedang digandrungi banyak pasangan saat ini.

Resep-resep herbal yang diberikan oleh dr. Zaidul Akbar ini dipercaya dapat menjadi solusi untuk mendapatkan keturunan.

Lantas, bagaimana cara membuatnya dan apa saja bahan-bahan herbal yang harus kamu siapkan?

1. Resep promil JSR untuk mengatasi masalah kewanitaan

1. Resep promil JSR mengatasi masalah kewanitaan

idntimes.com

Resep JSR pertama bermanfaat unntuk memperlancar haid, mengatasi keputihan, nyeri haid, masalah haid yang lain, dan bisa juga untuk promil.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan, antara lain:

  • Kunyit 2 buah seukuran jempol
  • Jahe 1 buah seukuran jempol
  • Asam jawa secukupnya
  • Gula aren secukupnya
  • Air 300 ml
  • Sereh

Cara membuat:

  • Rajang atau iris tipis jahe, kunyit dan sereh. 
  • Setelah itu, seduh dengan air mendidih, kemudian masukkan gula aren dan asam jawa. 
  • Diamkan sebentar, minum selagi hangat.

2. Resep promil JSR untuk detoksifikasi tubuh

2. Resep promil JSR detoksifikasi tubuh

Freepik/free photo

Resep JSR yang selanjutnya bermanfaat untuk membersihkan darah,memperbaiki pencernaan, dan mecegah bakteri atau virus menyerang tubuh.

Bahan yang perlu kamu siapkan, antara lain: 

  • Kunyit 2 buah seukuran jari kelingking 
  • Jahe 2 buah seukuran jempol 
  • Jeruk nipis peras 1 buah ukuran sedang 
  • Air 300 ml 
  • Sereh 1 batang 

Cara membuat:

  • Kunyit, jahe, sereh direbus dengan air 300 ml. 
  • Jangan direbus sampai mendidih. 
  • Diamkan, setelah hangat kasih madu dan jeruk nipis peras. 

3. Resep promil JSR untuk memperbaiki organ reproduksi

Resep JSR ketiga berfungsi untuk memberi tenaga ke tubuh, bagus untuk bagian reproduksi, sumber enzim, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan, antara lain:

  • Kurma
  • Jahe 
  • Kayu manis
  • Air 

Cara membuat:

  • Cuci bersih kayu manis, rendam semua bahan dengan air biasa minimal 6 jam, maksimal 12 jam. 

4. Resep promil JSR untuk memperbaiki hormon yang bermasalah

4. Resep promil JSR memperbaiki hormon bermasalah

En.wikipedia.org

Resep JSR yang satu ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan lambung, mencegah kanker, meningkatkan kesehatan hati, melawan peradangan, mencegah diabetes, meningkatkan kesehatan otak, baik untuk kesehatan mulut, memperbaiki fungsi ginjal, dan memperbaiki hormon tubuh yang bermasalah. 

Bahan yang perlu disiapkan:

  • Licorice 3 batang 
  • Air 300 ml 

Cara membuat:

  • Rendam licorice selama minimal 6 jam, maksimal 12 jam. 

5. Resep promil JSR untuk mengatasi PCOS

Resep JSR kelima bermanfaat untuk mengontrol gula dalam darah, anti infeksi, menurunkan kolestrol, baik untuk pencernaan, melancarkan system pernafasan, menghangatkan tubuh, bagus buat penderita endometriosis, PCOS, dan masalah perempuan lainnya.

Bahan yang harus disiapkan adalah:

  • Kayu manis 2 buah seukuran jari kelingking 
  • Kurma 3 buah

Cara membuat:

  • Rendam semua bahan dalam air biasa sebanyak 600 ml semalaman. 

6. Resep promil JSR untuk program hamil

6. Resep promil JSR program hamil

Freepik/gdolgikh

Resep untuk program hamil a la JSR ini juga berfungsi untuk booster ASI, bagus untuk jantung, pembuluh darah, tulang, otak, kolestrol, dan pastinya bisa untuk promil.

Bahan-bahan yang harus disiapkan, antara lain:

  • Kacang pistachio secukupnya
  • Kacang almond secukupnya
  • Kacang walnut secukupnya
  • Kacang hazelnut secukupnya
  • Bubuk cokelat (optional) 
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  • Blender semua bahan hingga halus.
  • Sajikan dan dapat dikonsumsi dengan es batu jika mau.

7. Resep promil JSR untuk memperbaiki sperma dan ovum

7. Resep promil JSR memperbaiki sperma ovum

Pixabay/Foundry

Resep JSR terakhir bagus untuk membantu memperbaiki sperma dan ovum. 

Bahan yang harus disiapkan:

  • 1 cup biji semangka 
  • 1 cup biji buah naga

Cara membuatnya:

  • Blender semua bahan dengan air secukupnya, biarkan hingga mengendap. 
  • Minumlah air atau sarinya.

Nah, itulah ketujuh kumpulan resep promil JSR a la dr. Zaidul Akbar.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

:popmama.com

RUQYAH PROGRAM HAMIL

Yang harus di persiapkan :
1. 7 butir kurma muda segar.
2. 100ml air zamzam
3. 3 sdm madu sidr yaman
4. Blender dan mangkok.
5. Mushaf al Quran.

Tatacara meracik :
1. Cuci bersih kurma muda, pisahkan tangkainya.
2. Tuangkan air dan madu kedalam blender.
Blender hingga lembut, saring dan tuangkan kedalam gelas/mangkok lalu ruqyahlah dengan khusyuk.


Tatacara ruqyah :
1. Ambil wudhu
2. Shalat 2 rakaat dan berdoa, mohon perlindungan, kekuatan dan kesembuhan.
3. Baca taawudz, ayat kursi, basmallah, sholawat, al falaq dan an nas.
4. Mulailah ruqyah dengan membaca seluruh ayat-ayat ruqyah plus surah al baqarah.
5. Doakan dan tiupkan. * Konsumsi di pagi hari dan malam hari. * Cukup 150ml pagi dan 150ml malam hari. * Lakukan 3 sampai 7 hari.
Jika sakit berlanjut hubungi Rumah Rehab setempat.

rehabhati.com

Jurus Sehat Rasulullah (JSR)

Nama dr Zaidul Akbar mungkin tidak asing bagi pengguna aktif media sosial. Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK UNDIP) ini populer dengan Jurus Sehat Rasulullah (JSR), yang intinya ada pada penerapan pola hidup sehat.

“Bagi yang sering mendengar atau membaca mungkin tahu tentang thibbun nabawi. Nah, JSR ini adalah thibbun nabawi yang namanya diganti supaya tidak terlalu umum. Bahasanya juga diganti dengan yang sedikit bergaya millenial. Intinya adalah menjadikan agama sebagai tuntutan kesehatan dan kehidupan,” kata dr Zaidul ditemui di kawasan Jatiasih, Kota Bekasi.

Baca juga: Gaya Hidup Sehat dr Zaidul Akbar Biar Perut Enggak Buncit

Menurut dr Zaidul, penerapan JSR tidak sulit dan murah alias low budget. Siapa saja bisa menerapkan JSR selama memang berkomitmen hidup sehat untuk memperbaiki ketaatannya pada Tuhan Yang Maha Esa. Berikut 3 poin utama JSR.

1. Halal dan thayyib

Menurut dr Zaidul, prinsip halal sebetulnya tidak cukup untuk memilih makanan yang sebaiknya dikonsumsi. Prinsip thayyib atau tidak berdampak buruk pada badan juga harus diterapkan sebelum mengkonsumsi hidangan. Prinsip lainnya adalah tidak berlebihan alias secukupnya yang standarnya berbeda pada tiap orang.

“Thayyib adalah tidak zalim pada badan. Mie instan dan fast food halal tapi nggak thayyib karena bikin masalah. Terkait porsi makan, saya mengembalikannya pada aturan yang ada yaitu 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk air, dan 1/3 untuk udara,” kata dr Zaidul

Selain itu, coba kembalikan ke hati masing-masing apakah porsi makannya cukup atau berlebih karena tidak ada bejana yang lebih buruk daripada perut manusia,” lanjutnya.

2. Menggunakan yang ada di sekitar

Penerapan JSR lekat dengan sayur, buah, berbagai jenis rimpang, madu, dan kurma. Dalam akun medsosnya, dr Zaidul juga kerap mengunggah berbagai resep makanan dan minuman untuk memperbaiki kesehatan tubuh. Menurut dr Zaidul, resep tersebut sebetulnya tidak kaku atau bisa dibuat dengan berbagai bahan yang ada di lingkungan sekitar.

“Bisa bikin sendiri asal tahu konsep dasarnya, yaitu stop dulu segala asupan yang bikin sakit. Selanjutnya bisa belajar berbagai jenis biji-bijian, rimpang, dan bahan lain yang punya beragam vitamin dan mineral. Herbal ini belum banyak diketahui manfaat dengan pasti, tapi yakin Allah SWT nggak mungkin meracuni kita,” kata dr Zaidul.

3. Sehat untuk ibadah

Terkait porsi yang tidak berlebihan, dr Zaidul mengingatkan makan tidak hanya dilakukan supaya kenyang. Makan sebagai bagian dari pola hidup sehat dilakukan untuk memperbaiki ibadah dan ketaatan. Dengan keyakinan dan pola pikir tersebut, tubuh otomatis melakukan segala hal yang baik dan menolak semua yang berdampak buruk.

“Kenapa sekarang banyak orang gemuk? Karena makan berdasarkan nafsu. Padahal bagaimana bisa merasakan sensasi ibadah jika terlalu banyak makan, yang ada rasanya malas dan ngantuk. Belum lagi masalah kolesterol, diabetes, dan gangguan lain karena makan berdasarkan keinginan. Makan bukan untuk kenyang tapi supaya bisa beribadah dengan baik,” kata dr Zaidul.

Jurus sehat Rasulullah ini perlu kita contoh. Sebab seumur hidup Nabi Muhammad SAW hanya pernah mengalami dua kali sakit. Pertama, ketika diracun oleh seorang wanita Yahudi, yang kala itu menghidangkan makanan kepada Rasulullah SAW di Madinah. Kedua, beliau sakit menjelang wafat.

Sudah semestinya kita menjaga kesehatan. Musabab sehat adalah nikmat Allah SWT yang harus dijaga. Berikut ini jurus sehat ala Rasullullah SAW yang dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan?

1. Tidak Begadang

Rasulullah tidak menganjurkan umatnya untuk begadang. Hal itulah yang melatarbelakangi beliau tidak berbincang-bincang setelah waktu isya.

Rata-rata dalam kesehariannya, beliau sudah tidur kira-kira sebelum pukul 21.30. Kemudian sekitar pukul 03.00 beliau sudah terbangun untuk melakukan sholat malam.

2. Sering Berpuasa

Diketahui dalam sebuah hadis, Rasulullah sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Selain sebagai ibadah bagi orang mukmin, puasa juga ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Bahkan beberapa penyakit berbahaya seperti serangan jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker dapat disembuhkan.

3. Tidak Marah

Jurus sehat ala Rasullulah kali ini adalah sabar alias tak gampang marah. Rasulullah pernah menasihati sahabatnya sebanyak tiga kali yang berbunyi sama yaitu, “jangan marah”. Nasihat ini menunjukkan bahwa hakikat kekuatan manusia bukan terletak pada jasad, melainkan kebersihan jiwa. Selain itu, tidak mudah marah juga terbukti menjaga kesehatan tubuh.

4. Menjaga Kebersihan

Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda bahwa, kebersihan adalah sebagian dari iman. Pribadi Rasulullah yang terkenal bersih dan rapih. Setiap hari Kamis atau Jumat, beliau secara rutin mencukur rambut halus di pipi, memotong kuku, serta memakai minyak wangi.

Rasulullah juga sangat menjaga kebersihan mulut dan gigi melalui bersiwak, cara hidup Rasulullah sehari hari tersebut, atau disebut sunnah beliau yang sampai saat ini masih diikuti umatnya.

Baca juga: Olahraga Simpel di Pagi Hari untuk Cegah Serangan Jantung

5. Menjaga Pola Makan

Jurus sehat ala Rasulullah berikutnya adalah di pagi hari suka mengonsumsi segelas air dingin yang dicampur dengan madu asli. Kemudian memasuki waktu dhuha (pagi menjelang siang), beliau mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa.

Dalam dunia kesehatan, madu dan kurma memiliki banyak manfaat bagi sistem pencernaan, termasuk salah satunya menetralisir racun. Manfaat ini sudah terbukti ketika Rasulullah SAW diracuni oleh seorang wanita Yahudi di Madinah.

Selain itu, Rasulullah Saw. sering mengonsumsi minyak zaitun pada waktu siang menjelang sore. Sesungguhnya zaitun itu adalah pohon yang diberkahi. Sedangkan di malam hari Beliau mengonsumsi sayuran-sayuran segar kaya nutrisi.

Secara umum, sayuran memiliki kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Setelah makan malam Rosul tidak langsung tidur. Beliau melakukan aktivitas seperti sholat agar makanan bisa tercerna secara optimal.

6. Berolahraga

Dalam sebuah riwayat, diketahui bahwa Rasulullah pun hobi berolahraga seperti berkuda, memanah, dan berenang. Hal itu menunjukan bahwa tubuh Beliau tidak hanya sehat, tapi juga kuat. Beliau juga pernah lomba lari, gulat, bahkan memanah.

7. Bersilaturahim

Jurus sehat ala Rasulullah juga dilakukan dengan menjalin silaturahmi. Rasulullah adalah pribadi yang suka bersilaturahim dengan para sahabat dan tetangganya. Bersosialisasi adalah salah satu tips menjaga kesehatan yang patut kita tiru saat ini.

8. Berbekam

Said bin Jubir berkata dari Ibn Abbas r.a bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

Kesembuhan dapat diperoleh melalui tiga cara: pertama dengan meminum madu (obat herbal), dengan berbekam/hijamah, dan terapi besi panas. Dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pengobatan dengan besi panas (HR. Bukhori).

Yuk simak beberapa resep Jurus Sehat Rasulullah ala dr. Zaidul Akbar yang dapat mengobati berbagai macam penyakit :

1. Air Nabeez

kismis-dan-kurma-89857ed3faf6a7c4e35a8230549385dd-5d2343b10d82301a9476a002.jpg

kismis-dan-kurma-89857ed3faf6a7c4e35a8230549385dd-5d2343b10d82301a9476a002.jpg Air nabeez adalah air rendaman (infused water) kurma atau kismis. Kurma atau kismis yang dimasukkan ke dalam wadah tertutup yang sudah berisi air masak, dan direndam semalaman untuk diminum keesokan paginya.

Air nabeez ini merupakan minuman kesukaan Rasulullah SAW lho. Biasanya, beliau merendam kurma atau kismis di dalam wadah tertutup selama 12 jam. Kemudian, airnya diminum dan buah kurma yang sudah lembut langsung ditelan tanpa mengunyah terlebih dahulu.

Pada dasarnya, air nabeez ini sama seperti infused water kekinian. Bedanya, bahan yang diambil sarinya bukan buah-buahan segar seperti strawbery atau lemon melainkan kurma.

Bahan – bahannya :

  • Ambil beberapa butir kurma atau kismis, sebaiknya dalam jumlah ganjil
  • Siapkan wadah atau gelas tertutup
  • Siapkan juga air putih matang

Cara pembuatan air nabeez cukup mudah, berikut langkah pembuatannya:

  • Tuangkan air matang ke dalam wadah
  • Masukkan kurma yang sudah dibuang bijinya, dan carik-carik isi kurma
  • Tutup wadah yang sudah dimasukkan kurma
  • Diamkan selama 8-12 jam
  • Air nabeez siap dinikmati

2. Jahe

is-5d234448097f36521a0eb933.jpg

is-5d234448097f36521a0eb933.jpg Selain bermanfaat untuk mengobati lambung, jahe juga bermanfaat sebagai anti peradangan dan juga antioksidan yang kuat. Kandungan gingerola pada jahe diketahui sebagai obat sakit kepala, jahe juga akan mengurangi peradangan pada pembuluh darah di kepala.

Cara Membuat :

Sediakan seruas jari jahe yang sudah digeprek dan dipotong kecil, kemudian masukkan kedalam gelas kaca, jangan gelas plastik.

Seduh dengan air mendidih, setelah air didalam gelas hangat, tambahkan madu. Siap untuk diminum deh.

3. Kayu Manis

ky-5d234484097f3669391736d2.jpg

ky-5d234484097f3669391736d2.jpg Kayu manis kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi jantung, mengatasi peradangan, melawan diabetes, dan menurunkan resiko kanker. Kayu manis juga dapat melawan infeksi , virus, dan menyegarkan napas secara alami.

Cara membuat :

  • Kayu manis batangan

Masukkan kayu manis batangan kedalam gelas kaca, jangan gelas plastik yaa gengs..

Seduh dengan air panas / mendidih. Nanti air akan berubah menjadi kemerah — merahan gitu deh ..

Setelah air berubah warna dan hangat, tambahkan madu secukupnya. Siap diminum dehh.

  • Kayu manis bubuk

Masukkan kayu manis bubuk kedalam kaca lalu tambahkan air hingga mengental, airnya jangan banyak — banyak yaa. Letakkan atau oleskan di dahi saat berbaring dan biatkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat.

Atau seduh kayu manis bubuk dengan air panas. Setelah air menjadi hangat dan berubah warna, saring airnya kemudian tambahkan madu secukupnya. Minum selagi hangat.

4. Cengkeh

cengkeh-5d23447e0d82304ccf7f1252.jpg

cengkeh-5d23447e0d82304ccf7f1252.jpg Cengkeh bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, melawan kanker, melindungi hati, meningkatkan system kekebalan tubuh, dan mengendalikan diabetes.

Cara membuat :

Rebus cengkeh dengan air. Setelah mendidih, angkat kemudian masukkan air rebusan tadi kedalam gelas kaca. Setelah airnya hangat, tambahkan madu secukupnya dan dapat diminum selagi hangat.

5. Kemangi

d-5d2344ca097f3602dc6613b2.jpg

d-5d2344ca097f3602dc6613b2.jpg Bukan hanya sebagai lalapan, daun kemangi juga memiliki manfaat sebagai analgesik. Minyak dari daun kemangi ini dapat menjadi pelemas otot dan membantu mengobati sakit kepala yang disebabkan oleh otot yang tegang.

Cara membuat :

Tambahkan 4 helai ( atau sesuai selera ajadeh ) daun kemangi kedalam secangkir air lalu rebus hingga mendidih. Tuangkan air rebusan tadi kedalam gelas kaca, setelah airnya hangat tambahkan madu secukupnya. Minuum deh.

6. Jahe, daun pandan, dan madu

Resep JSR ini ultimate , artinya bias dipakai dalam keadaan sehat, ga hrus sakit dulu baru minum resep ini.

Cara membuat :

Sediakan satu potong jahe berukuran sedang yang sudah digeprek dan irisan tiga helai daun pandan berukuran kecil, kemudian diseduh pakai air mendidih setelah airnya menjadi hangat tambahkan madu secukupnya.

Ingat ! Madunya dicampur setelah airnya dalam keadaan hangat yaa, bukan dalam keadaan panas menggelegar.

Apa sih efek minum Resep Jurus Sehat Rasulullah ini ?

  • Maag anda akan kabur
  • Mual — mual akan hilang
  • Lambung anda akan bahagia luar biasa
  • Campuran jahe dan daun pandan ini akan membuat anda yang insomnia menjadi mudah tidur
  • Jantung anda akan tenang dan bahagia
  • Pencernaan anda akan super happy, insyaa Allah

Dari semua resep diatas pasti menggunakan madu, karena madu adalah bahan wajib bagi para pelaku Jurus Sehat Rasulullah. Dan masih banyak lagi resep JSR lainnya yang bisa anda intip di akun instagram dr. Zaidul Akbar  (@zaidulakbar) , semoga masyarakat indonesia khususnya bisa jauh lebih sehat dengan apa yang sudah Allah tumbuhkan di sini, khususnya tanaman tumbuhan obat atau herbal dan semoga resep — resepnya bermanfaat untuk kita semua, aamiin allahumma aamiin.  

Http:detik.com

Http:kompasiana.com

Resep Langsing ala JSR dr. Zaidul Akbar

Penimbunan lemak seringkali menjadi kendala untuk menurunkan berat badan ya, Moms? Nah bagi mommies yang ingin menguranginya, yuk intip resep alami dari dr. Zaidul Akbar agar bisa dilakukan di rumah!

Bahaya Penimbunan Lemak Berlebih

Lemak cenderung meningkatkan berat badan pada tubuh kita. Tentunya jika tidak diimbangi dengan gerak yang cukup akan menimbun dibagian-bagian tertentu terutama pada bagian perut. Disebutkan oleh para ahli, bahwa komposisi lemak tubuh yang normal untuk perempuan adalah 22-25 persen. Sedangkan pada laki-laki, yang normal adalah 15-18 persen. Perempuan yang memiliki komposisi lemak 29-35 persen dianggap kelebihan berat badan dan bagi laki-laki lebih dari 20 persen.

Kegemukan yang disebabkan penimbunan lemak tersebut dianggap berbahaya. Hal ini disebabkan  karena lemak tubuh berlebih merupakan faktor risiko banyak penyakit. Misalnya, kelebihan lemak yang terakumulasi di sekitar organ vital dikaitkan dengan diabetes, hipertensi, penyakit jantung, sampai kanker. 

Resep Perontok Lemak Ala dr. Zaidul Akhbar

Penimbunan lemak yang terlalu banyak tentunya harus segera diatasi moms, agar tubuh terjaga dari berbagai penyakit yang berbahaya. Nah moms, berikut resep ala dr. Zaidul Akbar yang bisa kamu coba dirumah.

Penimbunan lemak dan berat badan berlebih tidak baik untuk kesehatan dan jika tertimbun semakin lama dan sampai berlebihan akan berbahaya. Hal tersebut dapat mengundang banyak penyakit yang bersemayam di dalam tubuh, lho. Maka dari itu banyak tips diet sehat yang akan rontokkan lemak dan membuat tubuh menjadi langsing.

© Disediakan oleh PT Trans Digital Media

Seperti yang kita tahu, akhir-akhir ini banyak yang menggandrungi diet sehat Zaidul Akbar. Dia memberikan tips jurus sehat ala Rasulullah yang akan membuat tubuh menjadi tetap fit dan sehat. Tentunya mendapatkan poin plus yaitu tubuh indah dan ideal.

5 Bahan Perontok Lemak ala dr. Zaidul Akbar untuk Tubuh Langsing!

© Disediakan oleh PT Trans Digital Media 5 Bahan Perontok Lemak ala dr. Zaidul Akbar untuk Tubuh Langsing!

Dilansir dari Mommyasia, berikut ini adalah resep dari diet sehat Zaidul Akbar dengan jurus sehat ala Rasulullah yang aman banget untuk tubuh.

1. Resep Perontok Lemak dengan Lemon, Kunyit, dan Madu

Ketiga bahan tersebut dipercaya dapat membakar lemak tubuh yang cukup bandel tapi tidak membuat pencernaan menjadi lemah. Bahkan efeknya juga bisa ke kulit, lho. Selain langsing, kulit juga menjadi lebih bersih karena lemon sebagai penghancur lemak, kunyit membersihkan toksin dari dalam tubuh dan mencerahkan kulit, serta madu yang meningkatkan sistem imunitas tubuh. Banyak manfaatnya, kan?

5 Bahan Perontok Lemak ala dr. Zaidul Akbar untuk Tubuh Langsing!

© Disediakan oleh PT Trans Digital Media 5 Bahan Perontok Lemak ala dr. Zaidul Akbar untuk Tubuh Langsing!

Bahan:

  • 1 buah lemon, diris
  • 1/2 lemon, peras
  • 1 sdt kunyit bubuk
  • 1 sdm madu
  • Segelas air hangat

Cara Membuat:

  1. Masukkan irisan lemon ke dalam segelas air hangat, disusul dengan air perasan lemon
  2. Tambahkan kunyit bubuk, aduk hingga rata sampai tidak ada yang menggumpal
  3. Tuangkan madu dan aduk hingga rata

Resep ini diminum setiap pagi saat perut masih dalam keadaan kosong atau belum sarapan.

2. Resep Diet Sehat Zaidul Akbar dengan Lemon, Jahe, dan Madu

Resep dari dr Zaidul Akbar yang kedua hanyalah mengganti kunyit dengan jahe. Jurus sehat ala Rasulullah juga salah satunya dengan menggunakan jahe sebagai resep minuman sehat alami yang dapat mengurangi massa lemak dalam tubuh. Manfaat jahe antara lain adalah membantu proses detoksifikasi dan mencegah penyakit kulit, mengatasi masalah pencernaan. Untuk diet, jahe ternyata dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

5 Bahan Perontok Lemak ala dr. Zaidul Akbar untuk Tubuh Langsing!

© Disediakan oleh PT Trans Digital Media 5 Bahan Perontok Lemak ala dr. Zaidul Akbar untuk Tubuh Langsing!

Bahan:

  • 1 jari jahe
  • 1 buah lemon
  • 1 sdm madu
  • Segelas air

Cara Membuat:

  1. Iris atau geprek jahe, rebus dalam segelas air
  2. Diamkan sampai hangat, lalu peraskan air lemon dan beri madu

Minum setiap pagi dalam keadaan perut kosong, ya!

3. Resep Diet Sehat Zaidul Akbar dengan Madu dan Jeruk Nipis

Resep yang ketiga ini lebih simpel. Ini adalah salah satu jurus sehat ala Rasulullah yang dilakukan setiap pagi dalam keadaan perut kosong. Fungsinya meminum resep ini saat perut belum terisi apapun adalah untuk mendetoks usus dari makanan sisa semalam atau kemarin. Jadi usus selalu bersih dan tentunya seluruh tubuh akan berdampak baik juga.

5 Bahan Perontok Lemak ala dr. Zaidul Akbar untuk Tubuh Langsing!

© Disediakan oleh PT Trans Digital Media 5 Bahan Perontok Lemak ala dr. Zaidul Akbar untuk Tubuh Langsing!

Bahan:

  • 1/2 buah jeruk nipis
  • 2 sdm madu
  • Segelas air hangat

Cara Membuat:

  1. Larutkan perasan air jeruk nipis dengan segelas air hangat, lalu minum dalam keadaan hangat. Tapi jika tak terlalu kuat dengan asamnya, tambahkan madu.

Nah, itulah tiga resep jurus sehat ala Rasulullah yang dipopulerkan kembali saat ini oleh dr Zaidul Akbar. Untuk kamu yang juga ingin mencoba resep selain untuk langsing, dr Zaidul Akbar mempunyai berbagai macam resep yang sesuai dengan jurus sehat ala Rasulullah dan aman dari efek samping. Selamat mencoba, ya!

youtube:UJMGJU77l7U

© Disediakan oleh PT Trans Digital Media youtube:UJMGJU77l7U

ERD.

Mengatasi Stroke dengan cepat

PERTOLONGAN PERTAMA PADA STROKE

🔹Orang yang terkena STROKE mendadak (jatuh di kamar mandi, dsb)
Pembuluh darah ke otak akan pecah sedikit demi sedikit.

🔸Ingat ,…. Untuk mengatasi hal ini janganlah gugup/panik ,… Jika korban berada di tempat kejadian seperti dikamar mandi/ruang tidur/ruang tamu dll.
JANGAN dipindahkan ke tempat lain ,….
karena akan mempercepat pecahnya pembuluh darah ,… dan jangan sampai dia terjatuh lagi.

◾Caranya adalah dengan mengeluarkan darah korban dengan menggunakan jarum yang telah dibakar/disteril yang kemudian ditusukkan ke ujung setiap jari masing-masing sampai darahnya keluar ± 1-2 tetes.

🔹Kalau darahnya tidak keluar dapat diurut sampai keluar ,…. sesudah itu korban akan sadar setelah beberapa menit kemudian.

🔸Jika korban mulutnya miring ,….
tariklah kedua daun telinganya sampai merah dan langsung tusuk bagian bawah daun telinga dengan jarum steril sampai darah keluar
± 1-2 tetes.

◾Setelah korban sadar dan posisi mulutnya sudah pulih kembali/tidak miring ,….
barulah dibawa ke dokter/RS.

🔹Biasanya orang yang terkena STROKE pembuluh darahnya akan lebih cepat pecah karena goncangan dalam perjalanan
ke RS/dokter.

🔸Orang tersebut dapat tidak sadar
kembali/pingsan dan biasanya akan
cacat/lumpuh.

◾Kita harus ingat MENGELUARKAN DARAH dari jari orang yang terkena STROKE ,…..
maka kita sudah bisa menolong orang tersebut dari penyakit STROKE.

☆1. Lumpuh 1/2 badan
(akibat penyumbatan maupun perdarahan), nampak mulut – mata mencong ,…
Harus segera ambil jarum jahit ,….
tusuk kedua daun telinga paling bawah
masing masing pencet 1 tetes darah. Orangnya langsung sembuh ,… dan tidak meninggalkan gejala di belakang hari.

☆2. Serangan jantung ,…
segera buka kaos kakinya ,…. dgn jarum jahit tusuk semua ujung ujung jari kaki ,…
lalu pencet masing masing dikeluarkan 1 tetes darah. Biasanya orangnya langsung siuman.

☆3. Bengek atau asma ,….
sulit napas sampai menderita sekali.
Segera tusuk ujung hidung dgn jarum jahit ,…. pencet keluar 2 tetes darah hitam ,….
langsung sembuh.

☆4. Ayan (kejang kejang) ,….
Tusuk dgn jarum jahit (jarum lain boleh ?), tusuk pada titik Ren Chung
(pertengahan dlm parit antara hidung & bibir atas) segera sembuh.

⏩ke 4 jurus di atas tidak ada bahayanya ,…
Jgn takut ,… semuanya berkhasiat

🙋🙆#Semoga_bermanfaat

TESTIMONI

Subhanallah..Stroke berat sudah lama tiduran saja..

Alhamdulillah Bisa berjalan dg HERBAL SUNNAH BIOSAIPRESS reaksi cepat.. Biidznillah

DAFTAR RESELLER & PESAN:
WA.085697968001

Marketing Langit

Jangan Ketuk Pintu langit, Tapi Gedor yang Kuat

Doa Nabi Yusuf AS, meminta rezeki dan solusi terbaik…

Jibril berkata ‘ berdoalah:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسأَلُكَ بِاسْمِكَ الْمَخْزُوْنِ وَالْمَكْنُوْنِ يَا بَدِيْعَ السَّمَوَات وَاْلأَرْضِ، يَا ذَا الْجلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ أَنْ تَغْفِرَ لِيْ ذَنْبِيْ وَتَرْحَمَنِيْ وَأَن تَجْعَلَ لِيْ مِنْ أَمْرِيْ فَرْجًا وَمَخْرَجاً وَأَنْ تَرْزُقَنِيْ مِنْ حَيْثُ أَحْتَسِبُ وَمِنْ حَيْثُ لاَ أَحْتَسِبُ

“Ya Allah, sungguh saya mohon padaMu, dengan NamaMu yang disimpan dan disembunyikan. Ya yang membuat beberapa langit dan bumi. Ya pemilik keagungan dan pemulia, agar:
1), Kau ampuni dosa saya.
2), Dan agar Kau sayangi saya.
3), Dan agar Kau jadikan jalan keluar (dari kesulitan) dan kebahagiaan untuk saya.
4),
Dan agar Kau beri saya rizqi dari yang saya perhitungkan dan yang tidak saya perhitungkan.”

Al Anbiya’ 87 (Doa Nabi Yunus AS)

۔… لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.

Keutamaan:
Tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah melainkan Allah kabulkan baginya.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِأَنَّ لَكَ الْحَمْدُ لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ الْمَنَّانُ بَدِيعُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ يَا ذَا الْجَلالِ وَالإِكْرَامِ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ

Rezeki kita ada di langit, bahkan segala yg dijanjikan berasal dari langit.

Silakan buka Al-Qur’an surat Angin Yang Menerbangkan (Adz-Dzariyat : 22)
(وَفِي السَّمَاءِ رِزْقُكُمْ وَمَا تُوعَدُونَ)
“Dan di langit terdapat rezekimu dan apa yang dijanjikan kepadamu.”

Rezeki turun dari atas kira-kira turunnya netes atau deras ?

Kalau netes kecil-kecil itu karena kita mengetuknya. Tapi coba GEDOR yg kuat. Insya Allah turun dg deras.

Gimana cara mengGEDOR langit?

Ada banyak jalan menggedor langit. Mau pilih jalan mana?
(وَالسَّمَاءِ ذَاتِ الْحُبُكِ)
(Surat Adz-Dzariyat 7)
“Demi langit yang mempunyai jalan-jalan”

Cara biasa ketuk pintu langit caranya adalah dengan berdoa. Tapi kalau mau gedor pintu langit caranya dengan amalkan amalan unggulan.

Simak lanjutan ayat-ayat Adz-Dzariyat ini (17-21) :
1. Mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam ;
2. Dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah).
3. Dan pada harta benda mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak meminta.
4. Dan di bumi terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang yakin,
5. Dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?

Contoh amalan unggulan :
Ayat 17 -> Solat Tahajjud
Ayat 18 -> Perbanyak Istighfar
Ayat 19 -> Sedekah
Ayat 20 -> Menangkap potensi lingkungan
Ayat 21 -> Memaksimalkan potensi diri

Apa yang dilakukan Bilal sehingga sandalnya sudah sampai surga duluan?

Ketika Mi’raj ke langit Rasulullah SAW heran kenapa ada sandal Bilal di surga? Pas dikonfirmasi, dijawab Bilal rajin jaga wudhu. Kalau batal, wudhu lagi. Batal, ambil wudhu lagi. Dan tiap selesai wudhu Bilal sholat dua rakaat.

Amalan unggulan ini sifatnya sederhana tapi rutin. Bukan sekali atau sesekali diamalkan.

Kalau tahajjud, terus lakuin tiap malam.
Kalau sedekah, terus lakuin tiap hari berbagi. Entah kecil atau besar. Tapi tiap hari.
Klo sholat dhuha, terus lakuin tiap pagi.

Nah, bagaimana jika kita sudah GEDOR Langit?

Siap-siap tampung rezeki yg akan turun deras!!

Gimana caranya?
Adz-dzariyat 20-21 : belajar meningkatkan kapasitas diri.

Kapasitas diri ini ibarat daya tampung. Jangan pernah bilang Allah pelit. Allah kalau nurunin hujan, pasti berlimpah. Tapi masalahnya adalah daya tampung kita. Kalau daya tampung kita segede gelas ya akhirnya rezeki yg kita dapat segede gelas aja. Tapi kok ada orang yang daya tampungnya segede danau? 

Nah itu masalah kapasitas diri. Kita harus upgrade kemampuan diri kita untuk terus meningkat. Dari daya tampung ratusan ribu rupiah jadi jutaan. Dari jutaan rupiah jadi milyaran. Dari milyaran jadi trilyunan. Belajarlah tema bisnis dan manajemen. Belajar dari lingkungan dan terus tingkatkan leadership diri kita, pesan inti dari Adz-dzariyat 20-21

Terakhir, siapakah yang kita gedor di langit itu?
Simak dengan seksama :

“Maka demi Tuhan langit dan bumi, sungguh, apa yang dijanjikan itu pasti terjadi seperti apa yang kamu ucapkan.”

Adz-dzariyat : 23

Allah adalah Tuhan kita yg mengatur langit dan bumi. Maka hati-hati dengan proposal doa kita. Klo minta kecil Allah kasih sedikit. Tapi klo minta banyak dan lakukan amalan unggulan insya Allah siap-siap menerima kejadian seperti yang kita ucapkan.

Ajukan proposal hidup yang terbaik dan GEDOR langit dengan amalan unggulan insya Allah rezeki turun dengan melimpah..!!!

sumber :
Dari Rijalul Imam, Penulis buku “Quantum Bisnis King Sulaiman”

🤲🏻 Semoga Allah SWT selalu membukakan pintu-pintu berkah & rezeki yg tdk disangka-sangka untuk kita semua … aamiin yaa robbal’alamiin 🙏🏻😇

8 JENIS REZEKI DARI ALLAH


1.Rezeki Yang Telah Dijamin.
‎وَمَا مِن دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُّبِينٍ
“Tidak ada satu makhluk melatapun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin ALLAH rezekinya.”
(Surah Hud : 6).

2. Rezeki Karena Usaha.
‎وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَانِ إِلَّا مَا سَعَى
“Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang dikerjakannya.”
(Surah An-Najm : 39).

3. Rezeki Karena Bersyukur.
‎لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ
“Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu.”
(Surah Ibrahim : 7).

4. Rezeki Tak Terduga.
‎وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا( ) وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ
“Barangsiapa yang bertakwa kepada ALLAH nescaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.”
(Surah At-Thalaq : 2-3).

5. Rezeki Karena Istighfar.
‎فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا ( ) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُم مِّدْرَارًا
“Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta.”
(Surah Nuh : 10-11).

6. Rezeki Karena Menikah.
‎وَأَنكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِن يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِن فَضْلِهِ
“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka ALLAH akan memberikan kecukupan kepada mereka dengan kurnia-Nya.”
(Surah An-Nur : 32).

7. Rezeki Karena Anak.
‎وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ نَّحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ
“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu kerana takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu.”
(Surah Al-Israa’ : 31).

8. Rezeki Karena Sedekah
‎مَّن ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً
“Siapakah yang mahu memberi pinjaman kepada ALLAH, pinjaman yang baik (infak & sedekah), maka ALLAH akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak.”
(Surah Al-Baqarah : 245).


Ya Allah berikanlah rezeki yang berkah dari arah mana pun, untuk kelancaran ibadah!

Kandungan Biosaipress; Khaziat Habbatussaudah

Habbatus Sauda’ atau Jinten Hitam atau Syuwainiz*

Imam Bukhari meriwayatkan dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha. bahwa ia pernah mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda:

فِي الْحَبَّةِ السَّوْدَاءِ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ إِلَّا السَّامُ , قَالُوْا : يَا رَسُوْلَ اللهِ وَمَا السَّامُ؟ قَالَ  : الْمَوْتُ

Di dalam habbatussauda’ (jintan hitam) terdapat peyembuh dari segala penyakit selain “as-saam“. Para sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah, apakah “as-saam” itu?” Beliau menjawab, “Yaitu maut (kematian).”” (HR Al-Bukhari, Muslim, dan Ibnu Majah)

Habbatus sauda’ berkhasiat mengobati segala jenis penyakit dingin, bisa juga membantu kesembuhan berbagai penyakit panas karena faktor temporal. Biji habbatus sauda’ mengandung 40% minyak takasiri dan 1,4% minyak atsiri, 15 jenis asam amino, protein, Ca, Fe, Na dan K. kandungan aktifnya thymoquinone (TQ), dithymouinone (DTQ), thymohydroquimone (THQ) dan thymol (THY). Telah terbukti dari berbagai hasil penelitian ilmiah bahwa habbatus sauda’ mengaktifkan kekebalan spesifik/kekebalan didapat, karena ia meningkatkan kadar sel-sel T pembantu, sel-sel T penekan, dan sel-sel pembunuh alami. Beberapa resep penggunaan dan manfaat habbatus sauda’:

Dalam riwayat Muslim:

“Tidak ada suatu penyakit, kecuali penyembuhannya ada didalam Habbatus Sauda.”

Nabi SAW mengabarkan bahwa Habbatus Sauda berkhasiat menyembuhkan setiap penyakit. Kata syifa’ (kesembuhan) dalam seluruh hadist disebut tanpa dima’rifahkan dengan alif dan lam. Semuanya dalam struktur positif, sehingga dengan demikian kata tersebut bersifat nakiroh (indefinite, tidak spesifik) yang biasanya bermakna umum. Selanjutnya, kita bisa mengatakan bahwa dalam Habbatus Sauda’ terdapat potensi penyembuhan terhadap setiap penyakit.

Apakah Habbatus Sauda’ (Jinten Hitam) itu?

Habatussauda merupakan tanaman semak belukar yang tumbuh liar pada setiap musim di beberapa kawasan seperti di utara Afrika, Asia dan Jazirah Arab.

Nama ilmiahnya adalah Nigella sativa. Berbatang pendek, tingginya 50 cm. Tanaman ini masih satu famili dengan Adas (Foeniculum capillaceum) dan Anise (Pimpinella anisum), sehingga terkadang dikira salah satu jenis tumbuhan adas. Buahnya berbentuk mirip kapsul, yang di dalamnya terdapat benih berwarna putih dengan bentuk segi empat. Warnanya cepat sekali berubah menjadi hitam jika terkena udara.

Belakangan ini tidak kurang dari 150 penelitian yang dimuat di berbagai jurnal ilmiah semakin memperkuat bukti tentang berbagai khasiat yang pernah disebutkan oleh orang-orang terdahulu tentang tumbuhan ini. Penelitian ini kebanyakkan berasal dari Eropa, khususnya Austria dan Jerman yang berada di barisan terdepan dari negara-negara yang mempromosikan dihidupkannya kembali pengobatan herbal sebagai pengobatan alternatif.

Cara Kerja Habbatus Sauda’ (Jinten Hitam)

Habatussauda mengandung aneka vitamin, mineral, protein nabati, juga asam lemak tak jenuh. Habbatussauda juga mengandung asam lemak esensial yang penting bagi kesehatan kulit, rambut, selaput lendir, pengendalian tekanan darah, produksi hormon dalam tubuh, dll.

Selain kandungan bahan-bahan alami tersebut, habatussausa juga mengandung nigellon, yang termasuk dalam kategori zat anti-oksidan alami, seperti vitamin C dan A. Habatussauda juga mengandung glutathion yang memeilki peran fundamental dalam melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas. Sejumlah hasil penelitian yang dipublikasikan baru-baru ini menyatakan bahwa fungsi protektif Nigellon mampu melindungi tubuh dari berbagai bahaya zat-zat asing.

Unsur-unsur kimiawi dalam Habbatus Sauda’

100 gr Habbatus Sauda’ mengandung zat-zat sebagai berikut:

1. 13,19 gr air 6. 6, 2 mg niasin
2. 9,17 gr protein 7. 3,6 gr fiber
3. 9, 12 gr lemak 8. 8,7 gr abu
4. 80,10 mg kalsium 9. 463 kalori
5. 20 mg vitamin A

Penggunaan Habbatus Sauda (Jinten Hitam)’

  1. Sebagai Sumber Energi. Habbatus Sauda diketahui membantu pemeliharaan temperatur alamiah tubuh.
  2. Melancarkan ASI. Habbatus Sauda’ membantu melancarkan ASI, termasuk sumber gizi yang penting buat ibu dan anak.
  3. Kekebalan (imunitas). Beberapa penelitian baru-baru ini membuktikan efek Habbatus Sauda dalam meningkatkan sistem kekebalan. Satu hal yang bisa memperjelas makna sabda Nabi, “menyembuhkan setiap penyakit”.
  4. Untuk anak. Habbatus Sauda’ juga mengandung asam arginin, yaitu salah satu zat asam yang penting dan sangat dibutuhkan untuk perkembangan anak.
  5. Untuk Orang Tua. Habbatus Sauda’ merupakan makanan kesehatan yang penting dan bermanfaat bagi orang-orang tua, karena mengandung berbagai macam zat gizi.

Habbatus Sauda (Jinten Hitam) Potensial untuk Obat ARV HIV/AIDS

Ekstrak heksan biji jinten hitam (Nigella sativa Lor) potensial dikembangkan sebagai imunomodulator pada penderita imunodefisiensi seperti pasien terinfeksi HIV-AIDS yang mengalami penurunan jumlah sel CD4, kata Akrom M.Kes, dosen Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

“Ekstrak heksan biji jinten hitam (EHBJH) dapat dikembangkan sebagai agen kemopreventif antikarsinogenesis melalui mekanisme antioksidan sitoprotektif dan imunomodulator,” katanya dalam ujian terbuka promosi doktor di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Senin (4/2/2013).

Menurut dia, efek EHBJH dapat meningkatkan limfosit CD4, CD8, kadar IFNgamma, dan hematoprotektor. Keberhasilan biji jinten hitam meningkatkan jumlah sel CD4 dan CD8 serta berdampak pada populasi sel CD4CD25Treg memberikan harapan pada pasien-pasien HIV-AIDS yang menjalani terapi antiretroviral (ARV) sebagai terapi ajuvan.

“Meskipun baru skala penelitian laboratorium melalui pemberian ekstrak heksan biji jinten hitam pada tikus, diketahui timokuinon memiliki efek kemopreventif antikarsinogenesis pada tikus bahkan mampu menurunkan 81-97 persen tingkat kematian, menghambat kerusakan hepar dan ginjal serta meningkatkan jumlah lekosit dan hemoglobin,” katanya.

Ia mengatakan, ekstrak heksan biji jinten juga mampu menurunkan 45-50 persen insidensi pembentukan nodul dan menurunkan 70-90 persen pembentukan adenokarsinoma mamae tikus yang diinduksi dimetilbenz(a)antracene.

Selain itu, aktivitas dan mekanisme imunomodulator antihematoksik ekstrak heksan biji jinten hitam diketahui mampu meningkatkan jumlah limfosit darah tepi, meningkatkan jumlah limfosit CD4Th, CD8 dan CD4CD25treg, meningkatkan berat limpa dan jumlah limfosit serta aktivitas limfosit dalam mensekresi IFNgamma.

Menurut dia biji jinten hitam secara empirik sudah dipakai sebagai bahan jamu untuk pengobatan herbal yang mampu mengobati berbagai kelainan di antaranya sebagai imunomodulator, antivirus, antidiabetes mellitus, antikanker, antiasma, dan antiepilepsi.

“Kandungan timokuinon, nigelon, dan asam lemak tak jenuh dalam biji jinten hitam merupakan kandungan yang diduga bersifat antioksidatif, kemopreventif, dan imunomodulator,” kata Akrom.

Prof. Wadi’ah Shalih Bakr meraih Doktor di bidang Biokimia dari Universitas di Inggris melalui disertasinya yang berjudul “Klasifikasi dan efek Obat terhadap Enzim-enzim Idionukleotida Kerongkongan pada Jaringan Payudara.

Di dalam disertasinya, ia mengupas pengaruh ekstrak habbatus sauda’ terhadap enzim-enzim nukleotida dalam jaringan.

Dalam disertasinya, dipaparkan terlebih dahulu beberapa riset yang telah dilakukan sebelumnya mengenai habbatus sauda’. Ia menyebutkan bahwa ada sejumlah laporan laboratorium yang menyebutkan efek nyata ekstrak habbatus sauda’ terhadap pengobatan. Sebagai contoh adalah ketika ekstrak habbatus sauda diberikan kepada tikus secara oral, maka hal itu berperan melindungi organ hati dari keracunan yang ditimbulkan oleh enzim D-Glukosa Amyn (El Dakhakhny and Madi, 1995).

Beberapa riset lain menguatkan bahwa minyak habbatus sauda’ memiliki peran yang sangat efektif dan baik dalam pengobatan sesak nafas (Gomaa et al, Chakravarty, 1993). Peneliti, Toppozada dkk, menemukan bahwa minyak habbatussauda sangat berkhasiat sebagai anti bakteri dan mikro organisme lain. Zat-zat aktif pada Habbatus Sauda’ juga sukses digunakan untuk mengobati infeksi telinga dan nyeri-nyeri pada rahang atas.

El-Kadi et al, 1990, membuktikan bahwa salah satu khasiat habbatus sauda’ adalah pengaruhnya dalam memperbaiki perbandingan sel-sel T pembantu terhadap sel-sel T penekan pada para penderita kelemahan sistem kekebalan, dimana kondisi mereka membaik, jumlah sel-sel T pembantu meningkat sedangkan jumlah sel-sel T penekan berkurang.

Berdasarkan uji kimiawi, terbukti bahwa minyak habbatussauda mencegah terjadinya kanker kulit pada tikus (El-Moufty, 1995).

Kreober 1993, menyatakan bahwa biji dan minyak habbatus sauda mengandung efek diuretik (melancarkan pembuangan urin). Tahir 1993, menemukan bahwa minyak atsiri Habbatus Sauda’ mengurangi kontraksi pembuluh darah jantung, serta berperan mencegah terjadinya ketegangan.

Habbatus Sauda’ (Jinten Hitam) Mencegah Sirosis Hati

Dr. Ghomidi dari Universitas King Faishal di Damam melakukan penelitian terhadap tikus percobaan untuk mengetahui pengaruh emulsi habbatus sauda’ dalam melindungi hati dari zat beracun yang disebut carbon

tetrachloride. Dari penelitian tersebut, terungkap bahwa pemberian emulsi habbatus sauda’ mampu mengurangi pengaruh racun dari zat carbon tetrachloride terhadap hati. Penelitian lain dipublikasikan oleh Majalah Phytother Res, 2003, dimana para peneliti menyatakan bahwa tikus-tikus yang diberi minyak habbatus sauda’ lebih kecil resikonya terkena kerusakan organ hati ketika diberikan kepadanya zat-zat beracun seperti carbon tetrachloride.

Habbatus Sauda’ (Jinten Hitam) Mencegah Kanker Hati

Para peneliti di Srilangka telah melakukan penelitian terhadap 60 ekor tikus yang diberi zat diethyl-nitrosamine yang bisa mengakibatkan terjadinya serangan kanker. Sebagian dari tikus itu diberi ramuan habbatus sauda’ dan sebagian lagi diberi ramuan lain. Para peneliti mengamati tikus-tikus ini selama satu minggu, kemudian mereka meneliti jaringan hati tikus-tikus tersebut, hasilnya adalah pengaruh kanker jauh lebih rendah pada tikus-tikus yang diberi habbatus sauda’. Para peneliti tsb. menyimpulkan bahwa habbatus sauda’ berperan melindungi hati dari pengaruh serangan kanker.

Habbatus Sauda’ Mencegah Kanker Hati

Dalam majalah Nutr Cancer 2003, peneliti Univ. Thantha Mesir telah melakukan kajian terhadap 45 ekor tikus yang telah diberi zat kimia yang bisa menyebabkan terjadinya kanker kolon. 30 ekor tikus diantaranya juga diberi minyak habbatus sauda’ secara oral. Setelah 14 minggu, para peneliti melihat tidak adanya perkembangan kanker sama sekali, baik di kolon, hati, maupun ginjal pada tikus-tikus yang diberi minyak habbatus sauda’. Satu hal yang mengidentifikasikan bahwa minyak atsiri habbatus sauda’ memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya kanker kolon.

Habbatus Sauda’ (Jinten Hitam) Mencegah Kanker Payudara

Dalam penelitian yang dipublikasikan oleh majalah Bio Med Sci Instrum, 2003, para peneliti di Missisipi USA menemukan bahwa penggunaan ekstrak habbatussauda’ sangat efektif untuk menghambat perkembangan sel-sel kanker payudara.

Habbatus Sauda’ (Jinten Hitam) menyembuhkan Diabetes Mellitus

Dalam majalah Tohoku J Exp Med, september 2003, para peneliti di Turki melakukan penelitian terhadap 50 ekor tikus yang dijangkiti penyakit Diabetes Mellitus dengan diberi zat streptozotocin pada peritoneum. Tikus-tikus itu dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberi minyak atsiri habbatus sauda’ dalam peritoneum setiap hari selama 30 hari. Sedangkan kelompok kedua diberi cairan mineral tanpa diberi minyak habbatus sauda’.

Para peneliti mendapati bahwa pemberian minyak habbatus sauda’ pada tikus-tikus yang terkena diabetes menyebabkan penurunan kadar gula dalam darah tikus-tikus tersebut, serta peningkatan kadar insulin dalam darah. Selain itu, juga menyebabkan pertambahan dan peningkatan aktivitas sel-sel beta pada pankreas yang bertanggungjawab mensekresikan insulin. Satu hal yang mengindikasikan bahwa habbatus sauda’ bisa membantu mengobati penyakit diabetes.

Habbatus Sauda’ (Jinten Hitam) Mengobati Alergi

Sebuah penelitian di Jerman yang dipublikasikan Majalah Tohoku J Exp Med, 2003, para peneliti melakukan penelitian terhadap 125 pasien yang terkena alergi (sinusitis, asma bronkial, dan eksim yang disebabkan oleh alergi. Semua penderita alergi tersebut diobati dengan minyak habbatus sauda’ dengan dosis antara 40-80 mg/kg berat badan selama sehari. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbaikan gejala pada setiap penderita asma bronkial, sinusitis, atau eksim. Para peneliti tersebut menyimpulkan bahwa minyak habbatus sauda’ sangat efektif sebagai suplemen obat untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh alergi.

Habbatus Sauda’ (Jinten Hitam) Mengobati Asma

Sejak bertahun-tahun, habbatus sauda’ digunakan untuk mengobati batuk dan asma bronkial. Adakah bukti ilmiah yang menguatkannya?

Para peneliti dari Universitas King Saud, Riyadh, telah melakukan penelitian tentang pengaruh thymoquinone (yang merupakan zat aktif utama pada minyak habbatus sauda’) terhadap trachea guinea pig (babi hutan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa thymoquinone berkhasit melonggarkan otot trachea, artinya ia melonggarkan trachea dan bronkus. Ini akan membantu pengobatan asma bronkial.

Habbatus Sauda (Jinten Hitam) Melindungi Lambung

Dr. M. El-Dakhakhny dari Univ. Iskandariah Mesir, melakukan kajian pengaruh habbatus sauda’ dalam melindungi selaput lambung dari pelukaan yang disebabkan oleh alkohol pada tikus percobaan. Maka, terbukti bahwa minyak habbatus sauda’ berkhasiat sebagai pelindung efektif dari pengaruh yang bisa melukai lambung yang ditimbulkan oleh alkohol.

Habbatus Sauda’ sebagai Antioksidan

Dalam publikasi Majalah J Vet Med Clin Med, 2003, para peneliti mengadakan penelitian untuk mengetahui pengaruh habbatus sauda’ dalam mencegah oksidasi pada tikus-tikus percobaan yang diberi zat carbon tetrachloride. Sejumlah tikus diberi minyak habbatus sauda’ melalui peritoneum. Para peneliti menemukan bahwa minyak habbatus sauda’ mengurangi kadar oksidasi lemak, serta meningkatkan aktivitas anti-oksidasi (antioksidan). Telah diketahui antioksidan membantu melindungi tubuh dari pengaruh radikal bebas yang menyebabkan terjadinya kerusakan jaringan dan timbulnya beberapa penyakit seperti arterosklerosis, kanker, pikun dsb. Sebuah penelitian lain yang dipublikasikan dalam majalah Drug Chem Toxicol, 2003, menegaskan adanya pengaruh anti-oksidasi (antioksidan) dalam minyak habbatus sauda’.

Habbatus Sauda’ (Jinten Hitam) Menurunkan Kolesterol dan Gula Darah

Di Maroko, para peneliti melalukan penelitian tentang efek minyak habbatus sauda’ terhadap kadar kolesterol dan gula dalam darah tikus percobaan. Tikus-tikus itu diberi 1 mg/kg minyak statis habbatus sauda’ selama 12 minggu. Pada akhir penelitian, kadar kolesterol turun 15%, lemak trigliserida turun 22 %, gula darah turun 16,5% serta kadar hemoglobin naik 17,5%. Ini mengindikasikan bahwa minyak habbtus sauda’ efektif menurunkan kadar kolesterol dan gula darah pada manusia.

Habbatus Sauda’ (Jinten Hitam) Melindungi Jantung dan Pembuluh Darah

Sudah lumrah diketahui bahwa peningkatan zat homosisitin dalam darah meningkatkan risiko terjadinya penyakit pembuluh darah jantung, pembuluh darah otak, dan pembuluh darah periferal. Para ilmuwan menemukan bahwa pemberian asam folat, vitamin B6 dan vitamin B12 bisa menyebabkan penurunan kadar homosisistin dalam darah.

Dari sini, para peneliti dari Univ. King Saud-Arab Saudi, melakukan penelitian guna mengetahui pengaruh habbatus sauda’ terhadap kadar homosisitin darah. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Int J Cardiol, Januari 2004. Peneliti memberikan zat thymoquinone (zat aktif dalam habbatus sauda’) kepada sekelompok tikus percobaan (100 mg/kg), dalam 30 menit, selama seminggu. Para peneliti menemukan bahwa pemberian zat thymoquinone bisa menjadi pencegah yang efektif terhadap kenaikan homosisitin. Hal ini mengindikasikan bahwa habbatus sauda’ bisa melindungi jantung dan pembuluh darah.

Habbatus Sauda’ (Jinten Hitam) sebagai Penurun Tekanan Darah

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr. M. El-Dakhakhny yang diterbitkan oleh majalah Therapy, th 2000, dilakukan penelitian tentang pengaruh ekstrak habbatus sauda’ (0,6 ml/kg sehari) dalam meluruhkan pembuangan urin dan menurunkan tekanan darah. Tekanan darah turun 22% pada tikus-tikus yang diobati dengan ekstrak habbatus sauda’, sedangkan tikus-tikus yang diobati dengan adalat (obat penurun tekanan darah yang populer) mengakami penurunan hanya 18%. Pembuangan urin pada tikus-tikus yang diobati habbatus sauda’ juga meningkat.

Habbatus Sauda’ (Jinten Hitam) Mencegah Gagal Ginjal

Para peneliti dari Universitas Al-Azhar melakukan penelitian tentang pengaruh thymoquinone (zat aktif pada habbatus sauda’) terhadap gagal ginjal yang sengaja ditimbulkan pada tikus-tikus percobaan melalui zat doxorubicin. Maka terlihat bahwa thymoquinone menyebabkan berkurangnya pembuangan protein dan albumin dari urin, dan ia benar-benar berkhasiat mencegah oksidasi serta memperlambat faktor-faktor negatif yang berpengaruh terhadap ginjal. Ini mengindikasikan bahwa thymoquinone bisa memiliki peran untuk mencegah terjadinya gagal ginjal.

Habbatus Sauda'(Jinten Hitam) sebagai Obat Reumatik

Dalaml penelitian yang dipublikasikan majalah Phytother,September 2003, para peneliti di Universitas Aga Khan Pakistan melontarkan pertanyaan;

“Bagaimana habbatus sauda’ bisa berperan dalam meringankan infeksi sendi (artritis) pada para penderita reumatik?”.

Satu hal yang sudah lumrah diketahui oleh para dokter adalah ada zat yang dihasilkan oleh sel-sel makrofag, yang disebut nitric oxide. Para peneliti menemukan bahwa ekstrak habbatus sauda’ menekan produksi nitric oxide, dimana hal itu bisa menafsirkan pengaruh habbatus sauda’ dalam meringankan infeksi sendi.

Dari Universitas Faishol Damam, Dr.Ghamidi mengemukan kajian yang dipublikasikan di jurnal J.Ethno Pharmacol, 2001, bahwa habbatus sauda’ berkhasiat sebagai obat analgesik dan anti-artritis.

Habbatus Sauda’ (Jinten Hitam) Membunuh Bakteri

Dr. Mursi dari Universitas Kairo melalukan penelitian yang dipublikasikan tahun 2000 untuk mengetahui pengaruh habbatus sauda’ terhadap bakteri. Ia meneliti 16 jenis bakteri gram negatif dan 6 jenis bakteri gram positif. Sebagian dari bakteri-bakteri itu terkena pengaruh dari ekstrak habbatus sauda’.

Habbatus Sauda’ (Jinten Hitam) Menghambat Perkembangan Jamur

Dalam penelitian yang dipublikasikan majalah Phytother bulan Pebruari 2003, peneliti dari Universitas Aga Khan Pakistan sengaja menjangkiti tikus-tikus percobaan dengan jamur candida albicans dan kemudian diobati dengan ekstrak habbatus sauda’. Para peneliti menemukan bahwa perkembangan jamur tersebut sangat terhambat.

Cara konsumsi

Ditumbuk, dibuat adonan dangan campuran madu, kemudian diminum setelah dicampur air panas, diminum rutin berhari-hari: menghancurkan batu ginjal dan batu kandung kencing, memperlancar air seni, haid dan ASI.
Diadon dengan air tepung basah atau tepung yang sudah dimasak, mampu mengeluarkan cacing dengan lebih kuat.
Minum minyaknya kira-kira sesendok dicampur air untuk menghilangkan sesak napas dan sejenisnya.
Dimasak dengan cuka dan dipakai berkumur-kumur untuk mengobati sakit gigi karena kedinginan.
Digunakan sebagai pembalut dicampur cuka untuk mengatasi jerawat dan kudis bernanah.
Ditumbuk halus, setiap hari dibalurkan ke luka gigitan anjing gila sebagian dua atau tiga kali oles, lalu dibersihkan dengan air.
Untuk konsumsi rutin menjaga kesehatan, sebaiknya dua sendok saja.

Sumber: 
(Buku; Hidup Sehat dengan Habbatus Sauda’,karya; Shubhi Sulaiman, Penerbit; Al Qowam)

(saifalbattar/arrahmah.com)

Kandungan Neosaipress; Manfaat Air Zam-Zam

Kata zam zam dalah bahasan arab berarti melimpah ruah, sesuai dengan air zam – zam yang telah ada sejak 4000 tahun yang lalu namun hingga sekarang tidak pernah kering dan habis airnya terutama saat musim haji setahun sekali. Air zam – zam adalah air yang penuh berkah dan suci yang berasal dari Allah SWT. Begitu agungnya air ini sehingga beribu -ribu umat muslim ingin sekali mencoba untuk meminum air yang suci ini. Bayangkan pada musim haji ribuan umat islam seluruh dunia berkumpul dan saat akan pulang setelah melaksanakan haji membawa air zam – zam untuk dibagikan kepada sanak saudara. Belum lagi di hari selain haji yaitu umrah ribuan umat muslim juga datang ke mekkah dan mereka juga membawa pulang air zam- zam ini.

Kandungan air zam zam

Penelitian telah membuktikan manfaat dari air zam – zam di segala bidang dan di dalam air zam – zam terdapat 30 unsur dan air ini tidak memiliki campuran warna, aroma, kuman dan bakteri. Senyawa yang terdapat didalam air zam- zam ini antara lain adalah :

Dan sekarang sudah banyak penjualan air zam – zam yang di ekspor oleh pemerintah Arab Saudi yang bertujuan untuk membagikan manfaat dari air zam-zam ini karena manfaatnya yang banyak sekali.

Manfaat Air Zam- Zam

Adapun manfaat dari minum air zam – zam di bidang kesehatan antara lain sebagai berikut :

1.Meregenerasi sel kulit mati

Di bidang kecantikan air zam – zam dapat membantun regenerasi sel – sel kulit mati kemudian di ganti dengan sel – sel kulit baru. Pergantian sel kulit mati bertujuan untuk mencerahkan kulit wajah dan menjadikan kulit wajah kenyal seperti bayi. Regenerasi dengan menggunakan air zam- zam ini cukup dengan membasuk wajah dengan air zam – zam. Jika memungkinkan Anda dapat melakukan wudhu dengan menggunakan air zam – zam. Sehingga semua lapisan sel kulit mati pada bagian tubuh yang terkena air zam – zam dapat di angkat. Secara alami sel kulit mati akan meregenerasi sendiri yaitu dengan rentang waktu 28 hari sekali.

2. Melancarkan metabolisme tubuh

Metabolisme tubuh berperan untuk mengubah lemakmenjadi tenaga dalam menjalankan aktifitas sehari – hari.Dan proses pembakarannya itulah yang disebut dengan metabolisme. Metabolisme yang lancar mempercepat pergerakkan dan mencegah munculnya timbunan lemak pada bagian – bagian tubuh terutama lengan, paha dan perut. Penimbunan lemak pada bagian itu bisa disebabkan karena metabolisme tubuh yang berjalan lambat. Minum air zam – zam merupakan salah satu cara untuk melancarkan metabolisme pada tubuh. Disamping itu cara untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh adalah dengan berolahraga dan beraktifitas fisik dalam kehidupan sehari – hari.

3. Mengobati berbagai macam penyakit

Ada hadist shahih yang mengatakan bahwan air zam -zam sangat mujarab untuk mengobati berbagai macam penyakit. Penyakit merupakan gejala kelainan pada tubuh dan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit yang berkelanjutan. Setelah sakit mungkin kita baru sadar bahwa kesehatan itu lebih mahal harganya dari apapun yang ada di dunia ini. Jadi bersyukurlah jika Anda masih sehat dan peliharalah kesehatan Anda sejak muda agar tetap sehat hingga menjelang tua nanti. Pengobatan dengan terapi air zam – zam bisa menjadi pilihan jika Anda ingin mencobanya, yang paling utama sekali jangan mudah menyerah dan tetap berdoa kepada Yang Maha Kuasa semoga segera di berikan kesembuhan sehingga dapat beraktifitas seperti biasanya.

4. Seusai dengan niat saat minum air zam – zam

Air zama – zam memiliki fungsi sebagai pengabul atas niat yang disampaikan melalui doa – doa kepada Allah SWT. Jika Anda minum air zam – zam dan berniat dengan meminumnya maka perut akan terasa kenyang, insyaallah perut Anda akan kenyang setelah meminumnya. Begitu juga niat minum air suci ini untuk menghilangkan rasa dahaga yang teramat sangat. Jadi niat Anda dapat terealisasi dengan minum air zam- zam ini selama memang berniat baik.

5. Tambahan energi ibu hamil

Selama hamil kondisi ibu kadang mengalami keletihan dan kadang bersemangat sekali. Maka cara yang tepat untuk mengatasi rasa lelah pada ibu hamil untuk tambahan energi adalah dengan minum air zam – zam. Ini karena air zam – zam sudah dipercaya dapat menjadi tambahan energi bagi ibu hamil aar bersemangat dalam menjalankan aktifitasnya sehari – hari. Selain itu tambahan energi untuk ibu hamil memang perlu dua kali lipat karena juga dibutuhkan oleh bayi yang sedang di kandung. Itu sebabnya ibu hamil juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan susu yang dipilih.

6. Melancarkan peredaran darah

Manfaat dari minum air zam – zam selanjutnya adalah membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Peredaran darah dapat terganggu karena endapan lemak di pembuluh darah akibat kebiasaan yang kurang sehat. Salah satunya adalah hobi makan makanan yang mengandung lemak tinggi. Penyumbatan pembuluh darah bisa berakibat fatal bagi tubuh karena dapat menyebabkan kematian. Salah satu cara selain minum air zam- zam adalah dengan berolahraga dan menghentikan makan makanan yang tinggi lemak. Lebih baik perbanyak konsumsi buah – buahan dan sayur – sayuran.

7. Menutrisi janin

Janin didalam tubuh ibu hamil memerlukan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya di dalam perut ibu. Janin membutuhkan asam folat, vitamin, protein dan karbohidrat yang di perolehnya dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Itu sebabnya selama hamil setiap ibu harus banyak makan makanan yang bergizi. Air zam- zam yang diminum saat hamil ternyata sangat baik janin. Ini karena air zam – zam yang diminum mampu menutrisi janin di dalam perut ibu sehingga asupan nutrisi janin tercukupi dengan tambahan nutrisi dari air zam- zam.

8. Memberi rasa bahagia

Rasa bahagia juga bisa muncul dari minum air zam – zam ini. Karena air suci ini juga berfungsi untuk membersihkan hati sehingga terhindar dari penyakit hati seperti iri dan dengki yang pasti ada di setiap hati manusia.

9. Baik untuk tulang dan gigi

Tulang dan gigi adalah salah satu anggota tubuh yang membutuhkan kalsium untuk menjaga ketahanannya. Air zam – zam mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh tulang dan gigi untuk mencegah pengereposan tulang dan ggi sebelum waktunya. Selain dari air zam – zam untuk mencukupi kebutuhan kalsium bagi Anda dapat mencoba minum susu yang tinggi kalsium.

10. Menguatkan rahim saat hamil

Manfaat selanjutnya dari minum ari zam- zam adalah mampu menguatkan rahim selama hamil. Rahim merupakan tempat tumbuhnya janin didalam perut ibu. Rahim yang kuat tentu baik untuk janin dan ibu sehingga ibu tetap bisa melakukan aktifitas biasanya seperti saat belum hamil. Lain lagi jika rahim ibu hamil tidak kuat. Takutnya jika ibu hamil melakukan kegiatan yang berat bisa menyebabkan keguguran.

Itulah beberapa manfaat minum air zam – zam di segala bidang kehidupan.

Cara Minum Air Zam – Zam dengan Benar

Didalam islam semua diatur dengan sangat jelas, termasuk tata cara untuk minum air zam – zam dengan baik dan benar. Berikut ini langkah – langkah awalnya :

  • Mendahulukan dengan tangan kanan jika ingin mengambil gelas yang berisi air zam- zam letakkan di tangan kanan dan minum sambil tubuh menghadap ke arah kiblat.
  • Sebelumnya membaca bismillah terlebih dahulu kemudian benafas tiga kali sambil minum air zam – zam hingga terasa kenyang. Lanjutkan dengan membaca Khamdala.Baru setelahnya berdoa sesuai niat.

Itulah tata cara yang harus dipraktekkan saat akan minum air zam- zam.

Kandungan Neosaipress; Buah Delima

Buah delima merupakan salah satu buah-buahan yang berasal dari negeri timur tengah, yang biasa ditanam pada tanah gembur namun tidak banyak air. Buahnya memiliki tiga jenis, ada yang putih, merah dan hijau. Manfaat delima juga sering digunakan untuk salad pada makanan diet atau dijadikan sirup. Seperti makanan alami pada umumnya, manfaat delima juga melimpah karena kandunga zat baik di dalamnya.

Nilai Manfaat Kandungan Nutrisi Per 1 Buah Delima (282 g)

Kalori 234 (980 kj)

  • karbohidrat 191 (800 kj)
  • lemak 27.6 (116 kj)
  • protein 15.8 (66.2 kj)

NOTE : KJ (Kilo Joules)

Protein 4.7 g (9%)

Total karbohidrat 52.7 g (18%)

  • serat makanan 11.3 g (45%)
  • gula 38.5 g

Vitamin

  • Vitamin C 28.8 mg (48%)
  • Vitamin E 1.7 mg (8%)
  • Vitamin K 46.2 mcg (58%)
  • Thiamin 0,2 mg (13%)
  • Riboflavin 0,1 mg (9%)
  • Niasin 0,8 mg (4%)
  • Vitamin B6 0,2 mg (11%)
  • Folat 107 mcg (27%)
  • Makanan Folat 107 mcg
  • Asam folat 0.0 mcg
  • Aset Folat Setara 107 mcg
  • Asam pantotenat 1.1 mg (11%)
  • Kolin 21.4 mg

Mineral

  • Kalsium 28.2 mg (3%)
  • Zat Besi 0,8 mg (5%)
  • Magnesium 33.8 mg (8%)
  • Fosfor 102 mg (10%)
  • Kalium 666 mg (19%)
  • Sodium 8.5 mg (0%)
  • Seng 1.0 mg (7%)
  • Tembaga 0.4 mg (22%)
  • Mangan 0,3 mg (17%)
  • Selenium 1.4 mcg (2%)

Kandungan nutrisi yang mampu diberikan oleh buah delima, memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat delima itu, diantaranya:

  • Perawatan Gigi

Salah satu manfaat terbaik dari buah delima adalah bahwajus delima memilikisifat antibakteri dan antivirus yang akan membantu untuk mengurangi efek plak gigi dan melindungi terhadap berbagai penyakit mulut.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah percobaan yang dilakukan pada tahun 2005 oleh 45 pasien dengan penyakit jantung koroner menunjukkan bahwa minuman jus delima harian yang diberikan selama tiga bulan membuat aliran darah ke jantung lebih lancar dan resiko yang lebih rendah terkena serangan jantung. Studi ini tidak mengatakan apa arti hasil untuk kondisi seperti serangan jantung, dengan demikian hasil positif yang dilaporkan bisa turun secara kebetulan.

  • Stenosis arteri karotis

Sebuah studi yang baik dari tahun 2004 pada pasien dengan stenosis arteri karotis (arteri menyempit) menemukan bahwa segelas jus delima harian (50 ml) selama tiga tahun mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol dalam arteri, dan juga mengurangi kolesterol. Namun, efek ini tidak jelas dipahami untuk kondisi seperti stroke.

  • Mencegah Kanker Prostat

Satu studi kecil pada tahun 2006 menemukan bahwa minum 227 ml harian jus delima secara signifikan akan memperlambat kemajuan kanker prostat pada pria dengan kanker prostat berulang. , namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menemukan bukti yang mendukung temuan ini.

  • Mengatasi Gangguan Perut

Kupas buah delima dan gunakan untuk menenangkan gangguan lambung atau diare yang disebabkan oleh setiap jenis masalah pencernaan. Minum teh yang terbuat dari daun buah ini juga membantu dalam menyembuhkan masalah pencernaan. Jus buah delima juga digunakan untuk menangani masalah seperti disentri dan kolera.

  • Menghindari Anemia

Aliran darah yang sehat dapat dipertahankan dalam tubuh dengan mengonsumsi buah ini dalam bentuk apapun. Persediaan delima untuk zat besi dalam darah, akan membantu mengurangi gejala anemia, termasuk kelelahan, pusing, kelemahan, dan gangguan pendengaran.

  • Mencegah Osteoarthritis

Delima membantu mengurangi penyakit dari berbagai bentuk termasuk aterosklerosis dan osteoarthritis. Kerusakan yang disebabkan karena penebalan dan pengerasan dinding arteri, tulang rawan dan sendi dapat disembuhkan dengan memakan buah ini. Buah delima mampu mencegah pembentukan enzim yang bertanggung jawab terhadap jaringan ikat dalam tubuh.

Manfaat Jus Delima Untuk Kulit

Jus delima, bisa menjadi ramuan rahasia untuk mendapatkan kulit yang sehat, berikut ini beberapa diantaranya:

  • Anti Penuaan

Diet jus delima dapat membantu memperlambat proses penuaan yang akan mengurangi keriput dan garis-garis halus yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Hal ini juga akan membantu mempertahankan regenerasi sel-sel kulit dan mencegah pigmentasi berlebihan dan terjadinya bintik-bintik gelap.

  • Cocok Bagi Semua Jenis Kulit

Jus buah delima dapat bekerja dengan ajaib untuk kulit kering. Struktur molekul yang kecil akan menembus jauh ke dalam kulit untuk memberikan kelembaban yang cukup dan hidrasi pada kulit. Oleh karena itu jus delima akan menenangkan kulit kering dan teriritasi. Jus buah delima juga bermanfaat bagi kulit yang rentan berminyak. Penerapan jus delima pada kulit berminyak mencegah wabah jerawat dan mengontrol produksi sebum.

  • Membantu Menyembuhkan Luka

Delima membantu dalam regenerasi sel-sel kulit di lapisan kulit epidermis dan dermis. Jus delima memiliki kemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Bahkan minyak biji delima yang sarat dengan nutrisi, ramah akan kulit yang bermanfaat bagi penguatan dan regenerasi epidermis. Hal ini juga melindungi kulit dari sinar matahari dan menyembuhkan kerusakan yang disebabkan pada kulit akibat paparan sinar matahari yang terus-menerus.

  • Meningkatkan Tekstur Kulit

Delima juga dikenal untuk memperpanjang umur fibroblas yang bertanggung jawab untuk produksi kolagen yang mengencangkan kulit dan mencegah pembentukan garis-garis halus dan kerutan. Kolagen akan memberikan kekuatan dan dukungan pada kulit. Delima juga sangat berguna untuk mencerahkan warna kulit. Minum segelas jus delima setiap hari untuk membuat warna kulit merata.

  • Mencerahkan Warna Kulit

Campurkan 1 sendok teh manfaat buah pepaya hijau, minyak biji anggur dan ekstrak biji anggur dengan 2 sendok teh jus delima dan terapkan pada wajah. Biarkan selama sekitar satu jam dan cuci dengan air hangat. Gunakan bola kapas untuk menerapkan jus delima secara langsung pada wajah setelah membersihkan.

Manfaat Lain Buah Delima

  • Seringnya asupan buah delima, baik dalam bentuk jus atau bubuk, bermanfaat selama bulan kelima kehamilan dan mengurangi risiko aborsi.
  • Wanita, saat menopause, mengalami kelemahan dan malaise. Jus delima sangat bermanfaat dalam memberi tubuh dorongan energi dan kesegaran.
  • Delima membantu wanita dalam melawan kanker payudara karena jusnya memiliki kemampuan untuk menghilangkan sel kanker dan mencegah pertumbuhannya.
  • Studi menunjukkan bahwa konsumsi jus buah delima dapat mencegah kerusakan otak neonatus.
  • Konsumsi rutin buah delima mencegah pembentukan bekuan darah di arteri dan membantu melarutkannya sama, jika ada. Benih mengandung cukup banyak zat besi.
  • Minum segelas jus delima menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).
  • 1,7 ons jus delima juga membantu menurunkan tekanan darah sistolik hingga hampir 5%.
  • Jus buah ini juga mengurangi risiko stroke jantung karena sifat antioksidannya yang sangat baik.
  • Rebusan yang dibuat dari biji buah delima sangat membantu dalam pengobatan sifilis sedangkan jus membantu dalam pengobatan diare dan penyakit kuning.
  • Delima memiliki beberapa manfaat kesehatan lainnya seperti menyembuhkan penyakit Alzheimer, sakit perut, radang kulit, bersin, batuk, tumpukan, cacingan, hyperacidity dan kehilangan ingatan.

Mengenal Tanaman Buah Delima

Pohon buah delima memiliki batang berkayu, ranting bersegi, percabangan yang banyak, lemah, berduri pada ketiak daunnya. Berwarna cokelat ketika masih muda, dan hijau kotor setelah tua dengan tinggi yang mancapai 2-5 cm. Pada tanaman delima, bentuk bunganya tunggal bertangkai pendek, keluar di ujung ranting atau di ketiak daun yang paling atas dan akan berbunga sepanjang tahun.

Manfaat  delima terdapat dalam kandungannya yang sangat kaya seperti pada uraian di atas. Sehingga menjadikannya tidak kalah dengan buah lain seperti pada manfaat markisamanfaat nangka ataupun manfaat buah kiwi. dengan berbagai macam manfaat buah buahan yang dikonsumsi, akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

htp:/www.manfaat.co.id